Wednesday, October 31, 2007

For Sale: NIVADA Antartic Glacier automatic (SOLD)

Nivada was founded in 1925 at Grenchen/Switzerland known as WüllimannSchneider Nivada S.A.Nivada never made the step to produce own (in-house) movements. Insteadof developping own movements Nivada relied on buying proven andreliable moverments from ETA and Phénix S.A.

Nivada dalam koleksi ini adalah dari jenis Antartic. Antartic masuk dalam kategori dress watch dan diproduksi sekitar awal tahun 70-an. Desainnya sesuai dengan semangat retro pada jamannya. Casing yang semi kotak dengan dial tetap bulat merupakan salah satu ciri khas desain jam tahun 70-an.

Jam ini memiliki warna dial yang unik yaitu antara abu-abu dan coklat, sedangkan semua tulisan berwarna putih. Untuk index marker dibuat sangat minimalis yaitu dengan hanya membuat angka dengan angka romawi untuk penunjuk angka 6, 9 dan 12. Pada bagian case back terdapat grafir gambar penguin, sesuai dengan type jam ini yaitu Antartic Glacier. Movement yang digunakan adalah ETA dengan 17 jewels, kondisi movement masih mulus dan berjalan baik.


SOLD

SEIKO 1st World Time watch ca.1964

Saat banyak produsen jam mengeluarkan versi jam world time, SEIKO juga mengeluarkan tipe jam yang sama pada periode awal tahun 60-an. Saat itu Seiko World Time menggunakan movement automatic cal.6217 dengan 17 jewels dan 18,000 bph, movement dengan calibre ini hanya diproduksi sampai tahun 1968 saja. Pada tahun 1965 movement ini juga digunakan pada jam diver pertama Seiko yang saat ini sering disebut sebagai salah satu "The rarest diver watch".

Seiko world time ini menuliskan 30 nama kota di dunia di inner bezelnya dan pada bagian dalam terdapat penunjuk waktu 24 jam yang ditunjukkan dengan jarum berwarna hitam. Seiko mengeluarkan 2 jenis dial yaitu warna gelap (hitam atau abu-abu tua?) dan silver dengan kombinasi bezel putih. Setelah produksi cal.6217 dihentikan, Seiko world time menggunakan movement baru dengan cal.6117. Pada desain dial awalnya hanya perubahan kecil yang dilakukan. Misal, warna jarum GMT dirubah menjadi warna merah dan tulisan World time diletakkan di atas angka 6. Kalau pada generasi pertama, Tulisan World time diletakkan dibawah tulisan Seiko dan diatas angka 6 dituliskan Automatic Diashock 17 jewels. Gambar dibawah adalah Seiko World Time generasi ke-2.
Ukuran jam ini cukup besar, sekitar 38mm dengan peletakan crown di posisi angka 4. Untuk memutar inner bezel adalah dengan memutar crown bisa ke bawah dan keatas. Saat ini Seiko World Time generasi pertama ini termasuk jenis Seiko yang langka dan semakin banyak kolektor yang mencarinya.

Monday, October 29, 2007

ELECTION Triple date manual winding

Jam-jam triple date sering disebut sebagai salah satu jenis jam kategori complicated karena ada penambahan fungsi tanggal (dengan pointer date), bulan dan juga hari (dengan jendela kecil di bawah angka 12). Jam seperti ini menjadi trend di tahun 40-an dan berkembang hingga tahun 50-an. Banyak merek jam dari yang high end sampai yang biasa membuat versi triple date ini dengan desain yang hampir mirip, ukuran biasanya medium size. Beberapa tipe menambahkan feature moonphase di dialnya.

Jam yang ditampilkan disini berasal dari merek Election. Mungkin banyak dari kita yang belum pernah mendengarnya. Election adalah merek lama yang dulunya (tahun 40-50an) pernah berjaya namun sekarang sudah tidak diproduksi lagi. Triple date Election ini ber-movement manual 17 jewels dan perkiraan produksi akhir tahun 40-an. Untuk penunjuk tanggal menggunakan jarum dengan ujung berupa panah dan desain ini juga diaplikasikan di jarum detik.

Untuk merubah tanggal dan bulan, apabila tidak dengan memutar kenop dapat dilakukan dengan memencet tombol yang berada disisi kiri jam. Tombol diatas untuk merubah bulan dan tombol bawah untuk merubah hari. Ukuran jam ini sekitar 32mm, jadi cukup kecil kalau saya pakai. Jam ini unik, selain karena desainnya juga karena jam ini termasuk dalam complicated watch. Resikonya: kalau rusak tidak sembarang tukang service bisa memperbaiki.

OMEGA Seamaster bumper 50s

 
Gambar diatas adalah Omega bumper movement caliber 354 dengan 17 jewels.

 
Sebelum Omega mengeluarkan movement automatic full rotor, mereka menggunakan movement automatic dengan bumper system. Movement ini merupakan movement yang banyak digunakan oleh produsen jam pada tahun 50-an. Movement bumper (atau orang kita sering menyebutnya sebagai mesin dik-dok) merupakan movement yang unik karena bandul automatic tidak berputar secara penuh tapi akan berbalik arah begitu bandul tersebut menghantam per. Dan gerakan inilah yang membuat jam tersebut bisa menyimpan tenaga untuk menggerakkan jarum.

Omega Seamaster ini diproduksi sekitar tahun 1954 dengan menggunakan bumper movement cal.354 17 jewels. Movement ini juga digunakan pada versi Constellation pertama Omega, bedanya adalah cal.354 untuk Constellation sudah menjalani test Chronometer.

Penampilan jam ini sangat klasik dengan penggunaan variasi arabic number 3, 6, 9 dan 12 serta index yang berbentuk runcing dan semuanya berwarna gold. Dial sudah aging karena usia jam ini yang sudah lebih dari 50 tahun. namun movement ini masih akurat dan memiliki power reserve yang cukup lama.

Thursday, October 25, 2007

Hewlett Packard 01 Calculator Watch from 70s

Rare "Nerd" LED watch from late 70s

Sepintas kalau anda lihat jam ini tidak berbeda dengan jam ABG yang banyak beredar dan dijual dari toko-toko di mall sampai di kaki lima. Tapi kalau anda perhatikan secara seksama, jam ini sungguh jauh dari jam mainan. Coba perhatikan penjelasan dibawah.
Jam ini awalnya diproduksi oleh perusahaan alat-alat elektronik Hewlett Packard (HP) pada tahun 1977 – 1980 dan dinamai HP model 01 (HP-01). Jam ini bukan hanya menggabungkan fungsi jam dan kalkulator saja namun banyak proses komputasi yang bisa dilakukan. Dial jam ini memiliki 28 tombol-tombol kecil. 4 tombol diantaranya dibuat menonjol agar mempermudah si pengguna mengoperasikannya. Tombol-tombol itu adalah D (Date), A (Alarm), M (Memory) dan (T) Time. Tombol-tombol lain dapat dioperasikan dengan menggunakan stylus atau ujung ballpoint.
Total produksi jam yang dibuat adalah sebanyak 50,000 buah. Pertama kali jam ini dijual dengan harga US$650 untuk versi stainless steel dan US$750 untuk versi gold plated. Harga ini meningkat pada bulan July 1978 menjadi US$695 dan US$850. Saat diperkenalkan ke public, HP-01 hanya dijual di toko-toko jam tertentu saja dan bukan melalui jaringan tokonya. Pada saat itu jam ini termasuk jam yang sangat mahal (harganya yang versi gold filled menyamai harga Rolex pada saat itu). Hampir dari separuh produksi HP-01 dibeli oleh Pangeran dari Arab Saudi. Tidak ada keterangan yang menjelaskan alasan mereka membeli jam ini dalam jumlah banyak.

Hewlett Packard juga menjual sebagian dari jam ini kepada para pegawainya dengan harga yang sangat miring, US$180 saja. Seiring perjalanan waktu, jam HP-01 ini mulai dikategorikan sebagai barang langka dan banyak orang yang mencarinya untuk dikoleksi. Kondisi ini membuat para pegawai HP yang membeli jam ini dengan harga murah, menjual jam-nya ke para kolektor. Harganya menjadi cepat melejit dan bahkan bisa melebihi harga saat pertama kali dijual ke public. Minggu lalu sebuah jam HP-01 versi steel terjual di ebay dengan harga terakhir diatas US$1,200 dan versi gold diatas US$2,000!

Tampilan fisikUkuran jam ini cukup besar dan tebal. Desain lampu LED (Light Emitting Diode) berwarna merah dan warna dominannya adalah hitam, sehingga sepintas jam ini seperti sebuah gadget karena penunjuk jam tidak menyala apabila tombol tidak dipencet. Rantainya terbuat dari solid stainless steel dan nyaman untuk digunakan. Bracelet ini mirip dengan yang digunakan di jam Omega Chrono quartz edisi Olympic Montreal. Sambungan antar bagian pada rantai juga begitu halus sehingga tidak seperti rantai jam lain yang sangat jelas terlihat pin pada sambungannya.
Jam ini memiliki 6 chips yang ekuivalen dengan 38,000 transistor yang disupport oleh 3 buah baterai. 2 buah baterai digunakan khusus untuk display dan sisanya untuk sirkuit. Untuk menyalakan display memang membutuhkan energi banyak, karena itu display selalu dalam keadaan mati dan ketika kita ingin mengetahui jam, maka tekan tombol T dan lampu LED display akan menyala merah.

HP-01 memiliki tingkat keakuratan sebanyak 30 detik pertahun ketika keluar dari pabrik dan dapat dikalibrasi apabila terjadi goncangan yang ekstrim atau karena factor usia. Kalau dikenakan, jam ini sangat eye catching karena bentuknya yang besar dan tampilan dial yang didominasi warna hitam.

Tuesday, October 23, 2007

For Sale: BVLGARI Chronograph automatic (SOLD)

BVLGARI adalah perusahaan perhiasan yang mulai serius dalam menekuni produk jam. Ini dapat dilihat dari semakin banyaknya jenis dan variasi jam yang ditawarkan. Bahkan BVLGARI kini mulai membuat movement sendiri untuk produk-produk baru mereka.

BVLGARI yang ditawarkan disini adalah tipe Bulgari-Bulgari dengan fungsi chronograph 3 registers. Bentuknya sebenarnya cukup feminim namun karena ada penambahan fungsi chronograph jadi terlihat maskulin. Movement yang digunakan adalah ETA automatic cal.2894-2 dengan penunjuk tanggal. Dial face berwarna hitam menambah penampilan jam ini menjadi lebih maskulin. Kaca terbuat dari sapphire crystal. Diameter jam 38mm dengan water resistant 30m. Kondisi jam ini istimewa dan masih lengkap dengan box dan surat-surat. Sewaktu difoto, jam ini masih dibungkus dengan plastik sehingga terlihat tidak begitu baik, namun itu adalah pantulan dari plastik yang membungkusnya.

SOLD

For Sale: TAG HEUER Carrera Re-edition Chronograph

Pada tahun 1964 Heuer mengeluarkan beberapa tipe jam yang kelak menjadi salah satu icon dari merek ini, salah satunya adalah; Carrera. Kemudian setelah Heuer diambil alih oleh Tag group dan menjadi Tag Heuer pada tahun 1980-an, tipe-tipe tersebut tidak lagi diproduksi. Baru kemudian didorong oleh banyaknya permintaan akan versi-versi klasik Heuer, maka Tag Heuer mengeluarkan kembali edisi lama (Re-edition) dari beberapa icon Heuer pada masa lampau.

Tipe jam yang ditawarkan disini adalah versi Carrera chronograph automatic Re-edition tahun 1964 dengan dial berwarna satin dengan variasi warna biru muda di sekeliling jam. Menarik sekali kelihatannya. Movement yang digunakan adalah automatic cal.17 yang sudah di-upgraded dengan teknologi masa kini. Ukuran jam ini 38mm dengan ketebalan 13mm, lebih besar sedikit dari versi manual winding dan sudah menggunakan sapphire crystal.

Tag Heuer juga mengeluarkan jenis Carrera dengan model yang berbeda (baru) dan mesin yang digunakanpun berbeda dengan tipe Re-edition ini. Tipe Re-edition lebih mahal dari yang tipe baru. Saat saya konfirmasikan ke sebuah agen Tag, perbedaan harga yang signifikan ini disebabkan karena jenis movement yang digunakan. Kondisi jam istimewa.

Asking Price: Rp.13,500,000

Sunday, October 21, 2007

For Sale: CITIZEN Navihawk Red Devil (SOLD)

Ini merupakan jam yang juga diperuntukkan bagi pilot karena fungsi-fungsi didalamnya banyak yang terkait dengan dunia aviasi. Untuk detil produk ini bisa anda lihat pada posting mengenai jam ini sebelumnya. Dijual dalam kondisi NIB (New In Box) beserta garansi international.

SOLD

Saturday, October 20, 2007

For Sale: TAG HEUER Pilot Chronograph (SOLD)

Pada periode akhir tahun 90-an, Tag Heuer mulai meluncurkan jam-jam yang diperuntukkan bagi kaum Spesialis dan profesional. 3 jenis jam dengan fungsi yang berbeda diluncurkan yaitu: Tag Heuer Searacer (untuk profesional olah raga layar), Diver 1000m (selam) dan chronograph pilot.

Saat ini jam-jam spesial tersebut sudah tidak lagi diproduksi karena itu keberadaannya juga semakin sulit ditemui. Jenis tag yang ditawarkan disini adalah jenis Pilot chronograph dengan bracelet (karena Tag Heuer juga mengeluarkan yang versi leather strap). Ukurannya sangat besar dengan diameter 44mm dengan dasar dial berwarna putih dan variasi sub dial berwarna biru tua. Beberapa fungsi pengukuran untuk pilot terlihat begitu membingungkan (bagi saya yang awam dunia aviasi). Movement yang digunakan adalah quartz dengan penambahan fungsi tanggal.

SOLD

Thursday, October 18, 2007

Sellita: The New Movement Suplier for Swiss watches

Selama ini para penggemar jam tangan mengakui bahwa hanya segelintir perusahaan jam yang memproduksi sendiri (inhouse) movement yang digunakan di jam mereka. Merek-merek papan atas seperti Patek Phillipe, Breguet, Vacheron constantine dll dipercaya masih memegang teguh prinsip bahwa movement harus dibuat inhouse untuk menciptakan eksklusifitas dan bukannya membeli dari perusahaan lain. Karena itu harga-harga jam tersebut lebih mahal dari merek lain karena mereka beralasan bahwa biaya R&D dan branding-lah yang membuat harga kian menjulang, selain juga karena mutu jam tersebut yang memang terbaik.

Bagaimana dengan merek-merek lain seperti Omega, Oris, Bell&Ross dan masih banyak merek lainnya? Omega memang memutuskan bahwa sejak tahun 80-an mereka tidak lagi memproduksi movement sendiri dan beralih mencari movement dari luar dan kemudian dimodifikasi untuk jam-jam mereka. Seperti gambar Jam Omega dibawah menggunakan basis movement yang dibuat oleh ETA Valjoux cal.7752 (modifikasi). Namun Omega kembali mulai berniat untuk membuat movement sendiri sejak tahun 2000-an dengan keluarnya generasi Co-axial movement yang didesain oleh George Daniel. Namun movement inipun hanya akan digunakan pada jam-jam kelas premium mereka.

Lantas darimana merek-merek jam Swiss tersebut mendapatkan movement-nya? dari 90% perusahaan pembuat jam di Swiss (dan belahan dunia lain) membeli movement mereka dari ETA, sebuah perusahaan yang fokus utamanya adalah hanya membuat dan merakit movement, baik manual, automatic maupun chronograph dengan beberapa variasi. Kemudian ETA bergabung dengan Valjoux sebagai spesialis pembuat movement chronograph. Penggabungan ini membuat mereka menjadi raja dalam pembuat dan supplier movement.

Tahun 2002, ETA Valjoux yang sekarang dimiliki oleh Swatch Group membuat geger industri jam. Mereka memutuskan bahwa mulai tahun 2010 mereka tidak akan lagi merakit movement dan menjualnya ke pasar dan mereka hanya akan fokus menjual spare part (kit) saja. Mereka seolah "memberi kesempatan" bagi para klien mereka untuk secara pelan-pelan mencari pengganti ETA sebagai supplier. Gambar dibawah adalah contoh movement automatic sederhana yang diproduksi oleh ETA untuk merek-merek Mido, Rado, Titoni, Bell&Ross dll.

Keputusan ETA Valjoux untuk menghentikan pasokan kepada 90% merek jam di dunia membuka kesempatan yang luar biasa besar kepada sebuah perusahaan kecil pembuat movement dan spare part yaitu: Sellita. Sellita bukanlah big player dalam industri jam, namun di tahun 2010 diperkirakan mereka akan menggantikan posisi ETA sebagai perusahaan assembling movement terbesar. Untuk itu sejak tahun 2002 mereka mulai ekspansi pabrik dan teknologi untuk mengantisipasi respon pasar di tahun 2010.

Saat ini produksi mereka memang belum selengkap ETA namun secara pelan-pelan mereka mulai membuat movement-movement manual dan automatic yang tidak kalah bagusnya dengan movement buatan ETA. Gambar dibawah adalah contoh movement manual dan automatic sederhana buatan Sellita. Gambar diatas adalah movement 17 jewels manual cal.2660, dan dibawah adalah movement 25 jewels automatic cal.2671.
Movement automatic yang diproduksi oleh Sellita mulai menuai banyak pesanan. Beberapa merek yang saat ini sebagian produknya mulai memakai movement automatic buatan Sellita adalah Invicta, Maurice Lacroix dan Oris serta beberapa merek yang belum dikenal di Indonesia. Contoh dibawah adalah jam Oris yang telah menggunakan movement buatan Sellita.


Dampak dari keputusan ETA tersebut sangatlah besar dan mengguncang, terutama pada merek-merek yang selama ini sangat tergantung pada mereka. Beberapa merek besar secara perlahan mulai mendorong R&D mereka untuk mendesain sendiri movement-nya. Beberapa merek bahkan sudah memiliki prototipe, namun mereka belum menerapkan pada semua desain atau produk-produk mereka. Merek-merek seperti Maurice Lacroix, Bulgari, Panerai sudah mengumumkan bahwa mereka sudah memiliki beberapa desain untuk movement inhouse mereka.

Selama ini kiblat kita untuk jam masih Swiss karena mereka menghasilkan banyak jam dengan merek-merek yang begitu banyak dengan kualitas yang bagus. Namun kalau kita cermati ternyata movement yang digunakan sebagian besar berasal dari satu pabrikan yaitu ETA Valjoux. Jadi sebenarnya kita hanya beli desain dan merek nya saja. Ada satu merek yang tidak high profile namun memproduksi sendiri movement-nya yaitu Seiko. Karena itu Seiko sama sekali tidak khawatir dengan perubahan besar dalam industri jam ini. Lha wong dari dulu movement-nya buat sendiri....

Wednesday, October 17, 2007

For Sale: TAG HEUER Professional 2000 Chrono (SOLD)

TAG Heuer 2000 merupakan desain klasik dari brand ini dan sampai sekarang masih diproduksi. Tag Heuer yang ditawarkan adalah jenis Tag Heuer 2000 chronograph dengan movement quartz. Warna dial putih dengan kombinasi sub dials berwarna biru. Total ada 7 jarum dalam jam ini.

Bracelet menggunakan double locking clasp dan terbuat dari stainless steel. Casing berdiameter 40mm dan kondisi jam sangat baik dan mulus. Jam ini dijual beserta box dan surat.

SOLD

3 Most Wanted Seiko Diver!

Seperti yang sudah saya singgung dalam posting sebelumnya mengenai Seiko Orange monster, dalam posting kali ini saya akan memperlihatkan 3 jam diver khusus Seiko yang paling banyak dibicarakan dan diminati dalam beberapa forum Seiko di internet. Sayangnya ketiga jenis jam diver ini tidak masuk ke Indonesia secara resmi sehingga kalau anda cari di agen resmi Seiko tidak akan menemuinya.

1. Seiko "Monster" Diver 200m

Seiko Monster keluar dalam 2 versi yaitu dengan dial Orange (SKX 781 K1)dan Black dial (SKX 779 K1). Disebut Monster karena memang tampilannya yang keluar dari pakem jam Diver yang berdesain sederhana dan flat. Desain dari Monster ini seperti "exploded" dan penggunaan bezel yang tidak rata namun cenderung bergelombang. Bagi orang yang fanatik dengan desain jam diver yang konvensional mungkin menganggap bahwa desain Monster ini tidak menarik, namun banyak penggemar Seiko yang berkata sebaliknya. Movement yang digunakan automatic cal.7S26, diameter jam 42mm dengan ketebalan 14mm.


2. Seiko "Black Samurai" Diver 200m

Ini adalah salah satu jenis Seiko Diver yang menurut saya paling menarik karena desainnya cukup sederhana, bersih dan berkesan maskulin tanpa perlu neko-neko. Orang menyebut tipe Seiko SNM011K ini sebagai Seiko "Black Samurai". Black Samurai merupakan sebutan untuk tipe yang stainless steel, karena kenop (crown) Seiko ini berwarna hitam. Sedangkan untuk yang versi Titanium (SBDA001 dan 005), kenop-nya juga terbuat dari Titanium dan mereka hanya menyebutnya sebagai "Samurai".

Movement yang digunakan merupakan movement baru yang sudah di-upgrade yaitu automatic cal.7S35 dengan 23 jewels. Diameter jam 42mm dengan ketebalan 14mm. Keluar dalam 2 versi yaitu dengan bracelet maupun dengan tali karet. Namun sebagian besar pemilik Seiko ini mengganti bracelet atau strapnya dengan tali kulit yang lebih baik dan memang jam ini menjadi lebih menarik apabila menggunakan tali kulit (seperti gambar dibawah). Dial dari Black Samurai ini tidak flat seperti jam diver pada umumnya, tapi berkontur. Saya sudah datangi banyak toko jam tapi tidak pernah menjumpai jam tipe ini. Dan secara tidak sengaja saya melihat sebuah toko jam di Yogya yang memiliki hanya satu-satunya Seiko Black Samurai ini! Harga yang ditawarkan diatas Rp.2 jutaan.

3. Seiko "Sumo" Diver 200m

Ini adalah jenis Seiko Diver yang memiliki grade paling tinggi diantara 2 jam diver diatas. Tipe Seiko ini adalah SBDC005 dan masuk dalam kategori Seiko Prospex. Movement yang digunakan juga berbeda dari jam Diver yang lain yaitu automatic cal.6R15 23 jewels. Dimensi jam ini lebih besar yaitu 44mm dengan ketebalan 13,3mm. Kalau dilihat, desain dari Seiko Sumo ini lebih "halus" dan sederhana dari Seiko yang lain. Seiko Sumo ini keluar dalam 2 versi, black dial dan orange dial serta pilihan menggunakan bracelet atau tali karet.

Seiko Diver sudah dikenal diantara para proffesional diver sebagai jam selam yang dapat diandalkan namun juga harganya lebih bisa terjangkau dibandingkan jam-jam diver sejenis buatan Swiss. Karena itu banyak para kolektor jam sekarang juga mulai melebarkan koleksinya dengan menambahkan jenis-jenis jam Seiko dalam koleksinya.

Monday, October 8, 2007

SEIKO Diver MONSTER Orange dial (SOLD)

Ini adalah jenis Jam Diver Seiko yang paling sering dibicarakan di seiko forum www.timezone.com; SEIKO Orange Monster (SKX781K1). Sebenarnya Seiko diver ini bukanlah jam yang mahal namun karena sulitnya dalam mendapatkannya itulah yang menyebabkan banyak member dalam forum seiko tersebut penasaran. Karena memang jam jenis ini sangat sulit untuk bisa didapat diluar Asia Tenggara. Dan mereka akan segera memajang gambar Monster apabila mereka berhasil mendapatkan.

Monster ini keluar dalam 2 versi warna yaitu hitam dan orange, namun yang paling banyak dibicarakan dan dicari adalah yang warna orange, karena mungkin unik. Ber-movement automatic 21 jewels cal.7S26 sama dengan yang digunakan dalam jam seiko diver lain. Ukuran cukup besar 42mm (tanpa crown) dan bobotnya cukup berat. Hal ini sesuai dengan fungsi selam untuk kedalaman 200m yang diusung jam Seiko Monster ini. Bracelet menggunakan desain yang baru yang sangat kokoh namun sangat nyaman bila digunakan di pergelangan tangan.

Banyak sudah toko jam Seiko yang saya datangi baik di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang tapi jarang sekali yang memiliki tipe ini dalam inventorinya. Kalau agen resmi sudah pasti tidak ada karena mereka memang tidak memasukkannya ke Indonesia. Akhirnya di Pasar baru ada sebuah toko jam kecil yang jual Monster sepasang Hitam dan Orange, dan itu adalah stock satu-satunya! Di Semarang di sebuah toko jam di sebelah Pasar Johar saya juga pernah lihat 1 buah Seiko Orange Monster ini.


SOLD

Sunday, October 7, 2007

PRECISTA G10 British Military

Saat jalan-jalan di Taman Puring, saya melihat dengan tidak sengaja jam PRECISTA G10 military ini. Bentuknya seketika menarik saya dan meminta si penjual untuk mengeluarkan jam itu agar saya bisa melihatnya lebih dekat. Saya tertarik terutama karena ukurannya yang cukup besar 36mm dan terutama sekali dialnya yang Military sekali dengan penggunaan arabic number 1-12 yang berukuran besar, lebih besar dari jam-jam militer yang pernah saya lihat. Dan yang membuatnya lebih menarik adalah penggunaan material Tritium untuk index dan dot pada dial.
Semula saya kira ini adalah jam palsu, namun setelah saya lihat grafiran di belakang casing-nya saya baru tahu bahwa ini adalah otentik jam militer tentara Inggris. Pertama dengan adanya kode huruf T pada dial dan kedua adalah tulisan angka-angka yang merupakan stock code logistic British army dan logo broad arrow pada case back (lihat gambar dibawah).
Precista ini bernama G10 dan ber-movement quartz dengan menggunakan mesin quartz buatan Swiss dengan ketebalan 11mm dan panjang lug to lug 44mm. G10 merupakan kode pada sebuah form Logistik tentara Inggris G1098A. Form ini merupakan pemberitahuan kepada setiap prajurit Inggris mengenai keperluan logistik apa yang dia dapat (termasuk jam tangan) dan kewajiban untuk mengembalikan pada saat selesai bertugas. Kode G10 ini juga digunakan beberapa merek jam yang digunakan oleh tentara Inggris seperti CWC, Seiko, Pulsar dan Citizen Aqualand. Namun G10 yang dibuat oleh Precista memiliki ketebalan casing yang lebih tebal dibandingkan dengan merek lain dan ini yang membuat jam ini menjadi lebih berat.
Precista adalah manufaktur jam khusus militer pada tahun 80 dan 90an. Mereka memperoduksi jam-jam militer untuk Diver, chronograph dan jam lapangan. Precista hanya memproduksi setiap item hanya sedikit saja dan hal inilah yang membuatnya menjadi langka dan dicari-cari oleh para pencinta dan kolektor jam-jam militer (yang otentik).

Saturday, October 6, 2007

For Sale: OMEGA Speedmaster day-date (SOLD)

Salah satu variasi dari keluarga Speedmaster dengan nomor seri 3250.50 yang telah mengalami banyak modifikasi dan penambahan feature seperti: Day-date, penunjuk bulan dan penunjuk siang-malam (am:pm). Penunjuk tanggal dibuat dengan jarum berbentuk pesawat terbang. Diameter casing 39mm dengan water resistant 30 meter (tidak bisa untuk berenang). Kaca terbuat dari supersin (sama dengan yang digunakan untuk kaca mata) dan sudah di-treatment anti reflective untuk kedua sisinya.

Movement yang digunakan adalah automatic cal.1151 dengan 25 jewels dan memiliki 44 jam power reserve. Warna dial matte dial (hitam doff) dengan bezel warna senada, sangat gagah dalam penampilan dan menarik bila dikenakan.

SOLD

For Sale: TAG HEUER Formula Chrono (SOLD)

Kalau sebelumnya saya pernah menjual TAG Heuer Formula Chronograph dengan dial merah, kali ini tipe yang sama dengan dial berwarna hitam. Kondisi MINT!
Tag Formula dengan ber-movement quartz ini sering juga disebut Tag Kimmi Raikonnen karena dia turut serta dalam mendesain jam ini. Para penggemar automotif sebaiknya jangan melewatkan kesempatan ini!

SOLD

For Sale: BREITLING Navitimer Heritage (SOLD)

Breitling Navitimer adalah salah satu jam klasik yang paling diminati oleh para kolektor. Produksi pertama navitimer adalah tahun 50-an dan sejak itu menjadi legenda. BREITLING akhirnya mengeluarkan versi barunya yaitu BRETLING NAVITIMER HERITAGE.

Seri ini dikeluarkan sebagai penghargaan kepada authentic aviation chronograph. Perbedaannya dengan versi klasik Navitimer adalah dari segi ukuran yang lebih besar (43mm) dan bracelet yang menyatu dengan casing (body) jam. Special feature yang lain adalah adanya mekanisme flyback. Movement yang digunakan pun khusus yaitu Breitling Cal.35, 38 jewels dengan beat per hour (bph) 28.800 bph sehingga gerakan jarum sangat halus.

Fungsi sub registernya adalah untuk perhitungan 1/5 detik, 10 menit, 3 jam dan fungsi Flyback. Bentuknya bongsor dengan diameter 43mm, ketebalan 15,4 mm dan berat 173,6 gramm, sangat gagah bila dikenakan. Material semua stainless steel dengan penggunaan cambered sapphire dan glareproffed bothsides. Water resist 30 meter dan bezel bisa diputar dalam 2 arah. Posisi tanggal ada di posisi angka 4.

Kondisi secara keseluruhan mint condition ! Price tag untuk tipe ini adalah US$ 5,250 dan dapatkan harga khusus dengan sesegera mungkin hubungi saya!

SOLD

Friday, October 5, 2007

OMEGA Seamaster Calendar Bumper

Omega seamaster calendar ini merupakan versi (produksi) pertama dari Seamaster calendar. Ciri khas-nya adalah peletakan tanggal di posisi angka 6. Tipe ini saat ini semakin langka karena tipe ini hanya diproduksi dalam waktu yang hanya beberapa tahun di awal tahun 50-an, sampai kemudian seamaster calendar keluar kembali dengan peletakan tanggal di posisi angka 3 sampai sekarang.
Movement yang digunakanpun masih tergolong mesin lama yaitu automatic movement cal.354 dengan 17 jewels. Movement ini juga digunakan pada seri constellation dengan terlebih dulu melalui uji chronometer. Mesin bumper (atau orang menyebutnya mesin "dik-dok") ini kemudian diganti dengan mesin baru yang sudah full rotor yaitu cal.503 dengan peletakan tanggal di angka 3. Dengan diameter 35,5mm dan panjang lug to lug 43mm membuat jam ini terlihat manis di tangan.


Dial face jam ini terdapat cross hair (garis melintang di tengah) sebagai salah satu ciri khas desain yang banyak digunakan oleh jam-jam produksi tahun awal 50-an. Warna dial putih susu dan masih original. Warna index dan jarum adalah gold sehingga berkesan sangat klasik. Karena faktor usia, di beberapa tempat pada dial warna cat-nya sudah terkelupas. Namun casing kondisinya masih sangat baik. Bila anda penggemar Omega, sudah selayaknya anda memiliki seri produksi pertama dari Omega seamaster ini.

Thursday, October 4, 2007

For Sale: EBEL Sportwave quartz (SOLD)

Salah satu koleksi sport dari Brand EBEL: Sportwave quartz. Bentuk seri sport Ebel lebih besar dari versi biasanya. Dengan ukuran 38mm membuat Ebel ini terlihat maskulin. Desain gelombang (wave) rantainya merupakan ciri khas Ebel. Bezel, index dan jarum berwarna senada emas. Jam ini masih dilengkapi dengan box original dan surat-surat.

SOLD

ENICAR Sherpa Super Dive

Salah satu jenis Enicar Sherpa yang semakin sulit untuk ditemui di pasaran: ENICAR Sherpa Super Dive! apalagi dengan kondisi yang utuh dan lengkap dengan segala orijinalitasannya: Kaca, crown, bracelet dan jarum-jarum. Karena rata-rata Super Dive yang saya lihat gambarnya di website luar sudah tidak dilengkapi dengan rantainya.

Enicar tipe ini memang sudah lama sekali saya cari dan kebetulan rekan sesama kolektor berbaik hati untuk me"lungsur"kan jam ini untuk saya rawat. Enicar Super Dive ini diproduksi di tahun 60-an. Dengan mesin automatic buatan ETA 25 jewels dan memiliki penunjuk tanggal berwarna merah. Diameter jam ini adalah 40mm, cukup besar untuk ukuran kebanyakan orang kita dan bukannya sekarang sedang model jam-jam berdiameter besar?

Keunikan lain dari jam ini adalah adanya rotating bezel yang terletak di dalam dan menumpuk dengan dialnya. Desain seperti ini banyak ditemui untuk jam-jam diver buatan tahun 60-an. Koleksi jam diver saya yang lain: Benrus Ultra deep juga memiliki inner rotating bezel. Tipe yang sama juga dikeluarkan oleh Longines, Universal dan lain-lain.

Bagi sebagian orang tentu merasa aneh, kenapa jam dengan penampilan tidak dalam kondisi sangat mulus ini sangat saya inginkan. Bagi saya bukan tingkat kemulusannya, namun otentik tidaknya jam ini. Itu yang penting! Dari pengamatan saya terhadap site-site diluar negeri yang menjual jam-jam vintage, kecenderungan jam-jam Enicar Sherpa meningkat value-nya. Di ebay harga yang ditawarkan sudah bisa mencapai US$600-800, bahkan sebuah website www.oredelmondo.it menjual sherpa super dive dalam keadaan mulus sekali seharga 1150 Euro. jadi kalau anda sekali waktu lihat Enicar sherpa tipe apa saja selama dia orisinal dan harga masuk akal, bisa dipertimbangkan untuk dibeli (tapi tanya istri dulu yaa..atau jangan mengganggu dana untuk pernikahan)

Tuesday, October 2, 2007

Genuine Leather Strap

Dalam meng-koleksi jam tangan, biasanya kita juga senang untuk memiliki beberapa cadangan leather strap (tali kulit). Dan biasanya kita beli saja tali-tali yang berharga puluhan ribu yang banyak kita temui di toko-toko jam di pasar Senen. Tapi kalau koleksi jam tangan anda termasuk semi High End atau malah High End, apakah anda juga "Tega" untuk mendandaninya dengan tali kulit murahan tersebut?Beberapa tali kulit yang baik (setahu saya) memang agak sulit dijumpai salah satunya seperti contoh diatas. Tali kulit diatas dari merek Morellato dan semuanya merek Morellato merupakan genuine leather. Contoh diatas adalah terbuat dari kulit kadal jawa yang berwarna merah kecoklatan (jangan bayangin kadalnya ya..). kulitnya halus dan terlihat sangat eksklusif.

Beberapa toko di Mal Kelapa Gading yang saya datangi sebagian besar sudah ogah mendatangkan tali-tali bagus ini dan rata-rata mereka bilang: "kemahalan pak, banyak orang yang kaget waktu kita bilang harganya". memang rata-rata harga tali kulit Morellato semuanya diatas 200 ribuan, untuk jenis-jenis tertentu yang sudah discontinued harganya di obral sampai 150 ribuan. namun saya pikir, kalau jam anda memang bagus dan mahal sudah selayaknyalah jam anda diberikan aksesoris yang bagus juga.

Seperti contoh dibawah, Rolex 1603 vintage saya pasangkan dengan Morellato chrocodile strap yang berwarna hitam.