Saturday, November 21, 2009

CITIZEN Automatic Chronograph 'Black and White'

Citizen tidak mau kalah dengan 'saudara tuanya' Seiko untuk mengeluarkan seri automatic chronograph pada tahun 70-an. Beda yang cukup signifikan dari kedua brand Jepang ini adalah dimensinya. Citizen cenderung memproduksi jam-jam automatic chronograph dengan size yang kecil sekitar 36-38mm sedangkan Seiko rata-rata 40-42mm. Karena itu juga mungkin alasan kenapa Citizen kalah populer untuk jam-jam sport seperti ini.

Beberapa kali saya memiliki Citizen automatic chronograph dengan desain yang relatif sama dan sebagian besar adalah tipe 'mickey mouse' dengan peletakan semua tombol jam ada di atas. Citizen yang saya dapat terakhir ini sungguh berbeda dan menurut saya lebih kalem desainnya. Warna yang dipakai hanya 2 yaitu hitam dan putih dan desain casing juga standard seperti jam-jam sport chrono kebanyakan. Penulisan angka dan tulisan TACHYMETER ternyata dibuat lebih besar dari jam-jam sejenis.

Tipe Citizen seperti ini jarang saya lihat, mungkin hanya 3-4 kali saja selama belasan tahun menggeluti hobi ini. Apalagi dalam kondisi yang masih sangat baik seperti ini. Misal saja kondisi radium jam yang terdapat pada setiap ujung indeks dan yang terdapat pada jarum. Kondisi radium masih belum kotor bahkan terlihat masih sangat bagus. Kemudian warna orange yang terletak pada ujung jarum detik utama juga masih terlihat jelas. Kelemahan jam-jam dengan model tachymeter seperti ini adalah warna bezel yang seringkali menjadi pudar bahkan tergores-gores karena terbentur atau terkena gesekan. Bezel jam ini masih hitam warnanya dan masih sangat bagus.

Awalnya, Citizen ini saya dapatkan dengan menggunakan rantai yang menurut saya bukan bawaan. Akhirnya setelah sampai rumah, saya ganti rantai jam itu dengan tali kulit merk Pharos warna hitam dengan variasi benag putih...hmm jadi tampil lebih ciamikk!

2 comments:

duniajam said...

Sekali imbas, seperti Damasco. Cantik ya. Belum pernah saya lihat lagi

Anonymous said...

berapa duit pak?