Sunday, September 9, 2007

For Sale: SANDOZ Diver ETA quartz (SOLD)

Pada saat saya bertandang ke kios jam milik sobat saya, saya melihat jam ini dalam tumpukan jam-jam lama yang diletakkan di pinggir etalase. Bentuk dan penampilannya menarik perhatian saya. Ternyata jam ini adalah SANDOZ Diver quartz 100 m. Jam ini diproduksi sekitar tahun 70-an dengan menggunakan movement ETA quartz 7 jewels dengan water resistant 100m.

Ukurannya tidak begitu besar dan tebal seperti jam Diver lain, mungkin karena movement-nya adalah quartz sehingga casing bisa lebih tipis. SANDOZ juga mengeluarkan tipe diver yang sama versi automaticnya dan memiliki dimensi casing yang lebih besar. Ukuran jam ini sekitar 37 mm (exclude crown) dan 47mm (lug to lug). Kaca mika dari jam ini masih aslinya dengan penggunaan magnifier diatas penunjuk tanggal. Sepintas SANDOZ ini serupa sekali dengan Rolex Submariner terutama pemakaian dial hands dan desain dial face-nya.

Karena ukuran jam ini yang tidak begitu besar menjadi lebih nyaman kalau dipakai sehari-hari dan cukup menarik perhatian dengan penampilannya yang serba hitam. Saya memang berencana untuk mengumpulkan jenis jam Diver dari berbagai merek dari yang vintage sampai ke jam diver modern (halah mulai nggak fokus lagi...).


SOLD

No comments: