Saturday, August 16, 2008

TITUS LED Vintage Watches

Jam ABG? bisa ya bisa tidak. Ya, karena desainnya memang seperti jam-jam ABG yang sering kita lihat dipakai ABG kalau ke mall dengan material plastik. Tidak, karena jam ini adalah jam LED (Light Emitting Diode) vintage akhir tahun 70-an dengan casing keseluruhan terbuat dari steel.

Jam ini jam LED kedua yang saya punya. Mata saya sulit lepas dari pergelangan tangan teman saya saat dia pakai jam ini. Penampilannya menarik dan pasti dilirik oleh orang. Saya kira jam ini not for sale tapi saat iseng saya tanya ternyata jam ini boleh saya miliki!...

Jam LED merupakan salah pencapaian mutakhir dari dunia horologi pada tahun akhir 60-an. Teknologi ini pertama kali ditemuka dan digunakan oleh Pabrik jam Hamilton dan perusahaan elektronik Electro-Data. Dari kerjasama ini keluarlah jam LED pertama dengan merek Pulsar.

Teknologi LED membutuhkan konsumsi energi yang besar untuk menyalakan LED-nya, karena itu setiap jam LED membutuhkan 2 buah baterai untuk mengoperasikannya dan dalam setahun perlu diganti 2 kali. Untuk menghemat konsumsi energi setiap jam LED dilengkapi dengan tombol yang berguna untuk melihat waktu dan pada layar akan muncul angka penunjuk jam yang dalam 2-3 detik akan padam kembali. Untuk melihat tanggal dan hari, tombol ditekan 2 kali. Karena konsumsi energi yang besar dan biaya pembuatan yang cukup tinggi maka jam-jam LED hanya dibuat sebentar dan kemudian digantikan dengan jam yang menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Display) yang bertahan sampai kini.

Sepintas memang jam ini serupa dengan jam-jam ABG saat ini. Saat saya pakai, beberapa kali saya ditanya jam apa ini dan rata-rata mereka mengira jam ini seperti jam-jam digital biasa yang sedang trend saat ini. Titus LED ini semuanya terbuat dari stainless steel dengan jendela digital berwarna merah. Rantai berbentuk balok dan dengan finishing yang memiliki serat yang tegas dan finishing inilah yang membuat jam ini menjadi lebih attractive!



1 comment:

Anonymous said...

HP atau titus led nya mau dijual ga?
tertarik nih..
itsoze@gmail.com