Sunday, June 7, 2009

CITIZEN Automatic Chronograph "Mickey Mouse"

Entah sudah berapa lama saya berhenti untuk tidak membeli lagi jam-jam Citizen Mickey Mouse, karena jam ini desainnya kecil dan saya merasa tidak pas saja di tangan saya. Beda dengan saudara tua-nya Seiko yang mendesain tipe Bullhead dengan diamater besar. Saya lebih senang menyebut jam Citizen ini sebagai 'little Micky'.

Namun minggu siang ini saya kembali jatuh hati dengan sebuah Citizen "Little Mickey" yang desain warna dialnya menarik. Keseluruhan dial berwarna biru tua dengan variasi pada sub register.

Warna pada sub register sebelah kanan berwarna warni antara orange, abu-abu dan tosca. Warna orange senada dengan warna jarum pada sub register. Kombinasi warna ini menarik karena membuat tampilan keseluruhan dial menjadi atraktif. Keunikan lain adalah pada rantai yang digunakan. Entah ini rantai bawaan atau bukan, namun desain dan detailnya menarik dan unik. Desain rantai seperti ini sering digunakan pada tahun 70-an dan merupakan salah satu ciri desain retro. Dari claps sampai kira-kira 2cm dari lugs, desain rantainya menyerupai rantai Jam Mido, dan sisanya yang menyambung ke lugs di desain menyerupai garpu.

Kondisi Little Mickey ini masih sangat bagus terutama pada casing. Kelemahan utama desain casing dengan bezel hitam seperti ini adalah pudarnya warna hitam karena sering terkena gesekan atau faktor oksidasi. Jam ini masih mulus warna bezel hitamnya dan casing yang masih jelas terlihat serat-serat bajanya. Hmm..itung2 nostalgia lah...

No comments: