Friday, September 25, 2009

PANERAI Straps

Salah satu hal yang selalu dilakukan para Paneristi (penggemar Panerai) adalah mengumpulkan dan memodifikasi Panerai yang dimiliki dengan berbagai macam jenis, bahan, desain dan corak straps, baik itu terbuat dari kulit atau sintetis. Begitu juga yang terjadi dengan saya. Walaupun baru satu Panerai yang saya miliki, keinginan untuk mendapatkan variasi straps dalam berbagai warna dan penampilan membuat saya 'ketagihan' untuk berburu straps. Straps original Panerai memang desainnya 'biasa saja' dan cenderung berdesain formil, sedangkan desain Panerai yang besar dan berat leih sering dipasangkan dengan straps custom yang rata-rata hand made. Saat ini sudah banyak sekali toko online yang menerima pesanan pembuatan straps untuk Panerai (dan juga jam lain), sayangnya sebagian besar ada di luar Indonesia dan sulit untuk bisa membeli dan dikirim ke Indonesia.

Panerai PAM 112F yang saya miliki menyertakan 2 macam straps, yaitu calf leather dan rubber strap. kedua jenis straps ini menurut saya berdesain 'biasa saja' dan keduanya berwarna hitam. Gambar di bawah adalah strap kulit original dari Panerai.

Strap berikut ini termasuk favorit saya karena selain murni produksi dalam negeri, kualitas kulit juga nyaman dipakai. Semakin lama dipakai terasa semakin lembut di tangan. Strap ini dibuat oleh Bpk Peter Gunny dari http://gunnystraps.blogspot.com. Tebal strap 5mm dengan ukuran lugs 24mm dan panjang straps 125/75. Finishing seperti kulit vintage dan pewarnaan kulit coklat tua ke arah hitam.


Strap berikut saya beli melalui blog seorang rekan. Strap ini produksi Straps Monster dari Hong Kong. Desain dan pewarnaan vintage engan stiching benang hitam. Semakin lama dipakai tali kulit ini juga semakin lembut dengan ketebalan kulit 3-4mm. Bila sering dipakai, pada bagian-bagian tertentu strap ini akan terlihat guratan-guratan tekukan yang menambah kesan vintage.

Strap berikut desainnya lebih formil dengan desain yang rapi dan stiching putih yang kecil. Warna coklat muda dengan warna sama karena memang tali kulit ini merupakan kulit imitasi dengan ketebalan hanya 2-3mm.

Strap berikut merupakan oleh-oleh seorang rekan ketika berkunjung ke Hong Kong untuk melihat pameran jam. Tali kulit ini juga berkesan formil dan keras (dalam arti sebenarnya). Tali teruat dari kulit banteng (Bull Leather) dan dibuat oleh Official Time Hong Kong. Yang membuat strap hitam ini lebih menarik adalah benang putih-nya.

Rasa penasaran untuk selalu mencoba beberapa desain dan warna tali kulit masih terus ada, dan sementara ini cukuplah bermain-main dengan 7 buah strap yang saya miliki dulu.

No comments: