Tuesday, May 4, 2010

BREITLING Navitimer Chronometer 'John Travolta'

Kenapa saya menyebutnya sebagai Breitling John Travolta? karena memang jam ini dipopulerkan oleh John Travolta sebagai brand Ambassador Breitling, dan memang jam yang dia pamerkan di setiap iklan adalah tipe ini.

Saya sebenarnya bukanlah fans merek ini. Saya hanya suka beberapa tipe saja, tidak lebih dari 3 tipe dan kalaupun saya ingin punya Breitling tentunya 3 jenis itu saja yang jadi prioritas. Salah satu yang saya sukai adalah tipe ini: Navitimer Chronometer. Desainnya sangat klasik, tidak berbeda jauh dengan versi klasik-nya navitimer di akhir tahun 50-an. Memang sih desainnya masih saja "rame" seperti desain Breitling yang lain. Awalnya saya berencana untuk menyimpan 1 breitling navitimer yaitu Navitimer World terutama dengan dial hitam, namun setelah melihat langsung navitimer world dan mencobanya di tangan, rasanya kok nggak pas, terlalu besar dan yang pasti masih mahal (mungkin ini alasan utama sebenarnya). Dimensi Navitimer World yang 46mm bagi saya terlalu besar.

Namun berbeda dengan Navitimer JH ini (saya sebut JH sebagai kependekan dari John Travolta), diameter 42mm terasa pas di tangan, tidak terlalu besar dan juga tidak kecil, pas lah. Desain juga mirip dengan Navitimer World, malah tipe JH ini terlihat lebih simetris dengan peletakan sub register chronograph yang berada di posisi 3,6 dan 9. Sapphire crystal menggunakan lapisan anti reflective sehingga penglihatan ke dial menjadi lebih baik dan bersih, bahkan terkadang terlihat seperti tanpa ada kristal-nya.

JH menggunakan atomatic chronograph movement Cal.23 yang memiliki dasar movement dari Valjoux. Pergantian tanggal secara manual berbeda dari tipe lain karena harus memutar jarum jam sampai melewati tengah malam dan diputar kembali berlawanan arah jarum jam sampai ke angka 9 untuk bisa mengubah tanggal. Movement ini memiliki power reserve selama 42 jam.

Salah satu yang saya sukai dari Breitling adalah desain strap-nya yang terlihat kokoh dan sangat sporty, baik yang terbuat dari croco ataupun calf leather. Breitling JH menggunakan calf leather yang kokoh dan tebal. Dan yang saya dengar, harga strap Breitling baru memang mahal.

Breitling JH mulai diproduksi sejak tahun 2003 dan masih diproduksi sampai sekarang. Variasi produk ada 2 yaitu yang menggunakan bracelet dan strap kulit. Jam ini nyaman dipakai karena tebalnya yang 14,6mm dan beratnya yang hanya 79,4 gram. Dipakainya bagus, klasik sekaligus aura modern-nya tetap terlihat.


No comments: