Sunday, June 24, 2012

ROLEX TUDOR 'Red' Ranger: The Mystery


 Saya menulis Sub Judul diatas dengan 'The Mystery', karena memang bagi saya dan mungkin juga banyak penggemar jam antik lain yang masih mempertanyakan kebenaran keberadaan Tudor ini. Apa sih yang menjadikan jam ini menjadi misterius? Saya mencoba untuk menuliskan apa yang pernah saya baca, ditambah pengamatan jam ini secara langsung (fisik) dan pendapat saya pribadi.

Terakhir kali saya melihat sebuah Red Ranger sekitar 4 atau 5 tahun lalu di sebuah toko jam di Melawai. Dari informasi yang saya tahu, jam itu dibeli di Singapore dan ternyata setelah di teliti jam Red Ranger itu franken. Jam-jam Tudor Ranger baik yang Red atau yang putih lebih sering ditemui sekitar 7 atau 8 tahun lalu. Saya ingat sekali bagaimana senangnya saya saat pertama kali mendapatkan Red Ranger pertama saya. Kesenangan saya langsung menguap setelah saya lihat ternyata orang yang menjual Tudor itu ke saya esoknya memiliki tudor jenis yang sama lagi, begitu pula esok harinya dan esok lusanya. Dari kenyataan itu saya mengambil kesimpulan awal kalau Ranger yang beredar saat itu adalah palsu!

Ok. Sekarang saya coba mulai dengan sebuah Pertanyaan yang sederhana: apakah benar Rolex memproduksi secara massal (dan tentu saja secara resmi) Tudor 'Red' Ranger ini? saya tidak bicara mengenai Tudor Ranger yang tulisan putih, tapi khusus Tudor Red Ranger ini. Ada 2 pendapat mengenai jawaban pertanyaan ini. Pertama, Red Ranger tidak pernah secara resmi dan massal diproduksi oleh Rolex/Tudor dan keberadaan Red Ranger yang sering terlihat di internet ataupun secara fisik dijual di sekitar kita dinyatakan sebagai Franken Tudor atau bahkan malah Fake. Keberadaan Red Ranger dianggap sebagai hasil 'kerajinan tangan' orang-orang yang ingin memunculkan Tudor yang unik.

Pendapat kedua mengatakan bahwa Red Ranger memang ada secara fisik dan original dari Rolex/Tudor tapi bukanlah produk resmi yang masuk dalam katalog Tudor atau Rolex pada jaman itu. Karena memang Tudor Ranger yang masuk dalam katalog bukanlah Red Ranger. Argumen ini menurut saya lemah dan mudah dipatahkan karena memang tidak ada bukti otentik.


Memang desain dan penampilan Tudor Ranger bisa membuat seorang penggemar jam antik jatuh cinta pada pandangan pertama. Desain dan dimensinya mengingatkan kita pada desain saudara tuanya, Rolex, yaitu Explorer 1 Ref.1016. Desain dial menggunakan matte black dengan kombinasi indeks arabic dan balok. Desain jarum yang khas membuat penampilan sebuah Ranger menjadi unik sekaligus menarik.

Saya semakin penasaran dengan tipe ini dan berusaha mencari bukti otentik keberadaan Red Ranger. Ternyata sangat sulit, dan saya mendapatkan bukti otentik sebuah Tudor Ranger yang original karena disertai oleh paper dari Rolex/Tudor. Bedanya, Ranger ini sudah menggunakan logo baru serupa tameng atau topeng Ksatria. Bentuk jarum dan indeks serupa dengan Red Ranger yang saya bahas disini. Dari paper yang menyertai Tudor Ranger dibawah terlihat bawah ref number Ranger adalah 9050 untuk Ranger yang menggunakan date.
 

Sekarang kita lihat caseback dari Red Ranger misterius ini. Penampilannya sangat meyakinkan dan dibuat dengan teknik yang baik dan rapih. Bisa dilihat dari kedalaman stamping tulisan "...OYSTER CASE BY ROLEX....", begitu juga dengan gerigi sebagai pembuka caseback dibuat dengan rapi. Bentuk case back cembung, persis sama dengan caseback Rolex. Stamping ini adalah yang terbaik yang pernah saya lihat pada sebuah Tudor. dan karena kerapian inilah malah saya jadi curiga. Dari beberapa jam Tudor original yang pernah saya lihat dan saya miliki (kecuali tipe Submariner), biasanya memiliki case back yang tidak cembung seperti ini.


Kita bandingkan caseback dari Tudor Ranger 9050 yang original dari gambar sebelumnya. Caseback Tudor non Submariner biasanya memang rata seperti gambar dibawah. Case back cembung biasanya digunakan untuk Tudor Submariner. Kalau Red Ranger itu asli juga, berarti Rolex/Tudor memiliki 2 jenis caseback yang berbeda. kalau iya, apa dasar pembedaan itu?


Sekarang kita lihat jeroan dari red Ranger ini. Seperti halnya jam Tudor lainnya, Movement yang digunakan adalah ETA dan red Ranger ini menggunakan ETA Cal.2472 yang merupakan automatic movement dengan feature tanggal. Tapi Red Ranger ini menghilangkan feature tanggal nya. Kalau menurut saya, movement ETA ini original dan bukan mesin 'ETA' yang dipalsukan, yang sering disebut sebagai 'asian ETA cloning'. Pada caseback terdapat tulisan 'MONTRES TUDOR SA-GENEVA SWITZERLAND-PATENTED'. Dari kualitas stamping tulisan tersebut yang kurang rapi dan cenderung agak berantakan, saya berpendapat kalau casing ini adalah palsu. Pada bagian bawah terdapat kode Ref jam ini: 9050. Bedanya dengan Tudor Ranger lain dalam posting ini (original) menggunakan ETA Cal.2784 dan menggunakan tanggal.


'Keanehan' lain dari red Ranger ini bisa dilihat dari proses penulisan serial dan reference number yang diletakkan di lugs. Pada bagian serial number tertulis 724117 dan reference number 9050. Dari artikel yang pernah saya lihat, Tudor biasanya membuat pembedaan dengan Rolex dalam penulisan reference number, yaitu dengan menambahkan kode 0 dibelakangnya. Jadi seharusnya tertulis 9050/0. Kemudian untuk serial number biasanya ada tulisan STAINLESS STEEL diatas serial number, persis seperti yang biasa Rolex lakukan. Hal lain yang membuat saya penasaran adalah terdapat pola horisaontal yang rapat seperti bekas sebuah logam dihapus oleh logam lain (bergesek). kalau diperhatikan dengan seksama akan terlihat pola itu ditengah space antara lugs dan pola itu sama untuk kedua bagian (atas dan bawah). Diatas pola gesekan itu baru di grafir serial dan ref number. Hal lain yang membuat saya berpikir ini casing palsu adalah karena saya tidak melihat adanya bekas 'luka' karena gesekan kupingan rantai ke casing. Bekas ini biasa muncul untuk jam-jam yang aslinya menggunakan rantai. Dan Tudor Ranger selalu diproduksi menggunakan rantai.



Terlepas dari kenyataan bahwa Red Ranger ini masih diragukan originalitas-nya, saya tetap mengakui bahwa Red Ranger ini memang cantik dan unik. Saya berusaha mencari gambar-gambar Red Ranger di internet dan mayoritas saya mendapatkan gambar yang serupa. Salah satu contohnya adalahsebuah Red Ranger yang fotonya bisa dilihat di bawah. Red Ranger ini diakui oleh pemiliknya sebagai 'tidak seharusnya', tapi karena dia melihat jam ini dan jatuh cinta maka jam ini tetap dipakai.


Bandingkan dengan Red Ranger yang saya bahas disini (gambar di bawah), sungguh serupa karena mungkin Red Ranger yang diragukan keasliannya ini dibuat di sebuah tempat yang sama di sebuah negara yang mungkin tidak jauh letaknya dari Indonesia. Analisa dan review ini murni hanyalah pendapat saya berdasarkan pengamatan dan studi literatur serta bacaan di beberapa forum. Mungkin saja ada kelalaian yang lupa saya sampaikan dan ternyata merupakan kepingan penting untuk mengungkap ke-misterius-an Tudor Red Ranger. Karena itu, bila anda punya data tambahan sebagai pelengkap dan menjawab rasa penasaran saya, silahkan hubungi saya via email di acing2000@yahoo.com.


No comments: