Sunday, April 14, 2013

GRAND SEIKO GMT SBGM 003J


 Tahun 2011, saya melihat jam ini pertama kali dikenakan oleh teman sehobi yang baru saja membelinya dalam kondisi baru. Saat itu saya sudah langsung jatuh cinta dengan Grand Seiko ini. Selain karena desainnya yang sederhana dan klasik, kualitas buatan Grand Seiko memang paling bagus dari jam Seiko tipe lain. Bahkan bila dibandingkan dengan banyak jam buatan Swiss, kualitas fisik Grand Seiko masih lebih bagus. Sejak pertemuan itu saya mulai berkeinginan untuk suatu kali memiliki jam ini. Pada posting saya sebelumnya, saya menulis mengenai jam-jam koleksi teman yang saat itu berkunjung ke rumah saya dan ternyata jam ini dia bawa. Ternyata, keinginan untuk memiliki Grand Seiko GMT baru jadi kenyataan dalam minggu ini.

GRAND SEIKO GMT ini memiliki ref. number SBGM 003 yang merupakan generasi kedua Grand Seiko GMT dan merupakan GMT pertama yang diproduksi untuk memenuhi pasar Internasional. Pertama kali di produksi pada tahun 2004 dan terus diproduksi sampai tahun 2010. Pada Bulan Oktober 2010, Seiko mengeluarkan Grand Seiko GMT yang menggunakan automatic movement terbaru dengan 3 days power reserve, ref number nya adalah SBGM 021. Dari sisi desain, antara SBGM 003 DAN SBGM 021 sangat mirip, perbedaan ada pada penggunaan solid caseback untuk SBGM 003, sedangkan SBGM 021 menggunakan sapphire crystal caseback. 


 Desain SBGM 003 terlihat sangat klasik. Kesan klasik dimunculkan dari penggunaan warna ivory lacquer pada dial dan bukannya putih dan desain indeks serta lugs yang sederhana. Salah satu keindahan yang dimunculkan oleh sebuah Grand Seiko adalah pada kualitas detailnya. Pada dial, kita bisa melihat setiap sudut indeks dan jarum dibuat bersudut dan dipoles dengan sangat baik. Setiap sisi yang dipoles dengan sangat baik ini memberikan dampak pada pantulan yang akan menyebar. Hal inilah yang membuat efek 3 dimensi menjadi semakin nyata dan akan terlihat cantik dari setiap sudut. Jarum GMT dibuat dengan warna biru yang terlihat kontras dengan warna dial.






 SBGM 003 menggunakan crocodile strap berwarna coklat dengan small grain. Strap croco tersebut kemudian saya ganti dengan croco strap sejenis dengan warna yang lebih tua dan grain (pola) yang sedikit lebih besar. Saya lebih menyukai croco strap baru ini yang saya peroleh dari seorang teman sehobi. Sulit untuk mendapatkan leather sttrap yang cocok dengan SBGM 003 karena ukurannya 19x16mm, serupa dengan ukuran strap untuk Rolex. Claps yang digunakan adalah deployant buckle yang didesain dengan sederhana namun cantik.


 SBGM 003 masih menggunakan automatic movement GMT Cal.9S56 yang pertama kali diproduksi pada tahun 2002 dan digunakan juga pada SBGM 001. Movement ini memilki power reserve 52jam. Sedangkan pada GMT generasi setelahnya, Seiko sudah menggunakan movement baru.


 Diameter casing adalah 39,5mm; sebuah dimensi yang ideal (menurut saya) untuk sebuah dress watch. namun Jam ini terlihat lebih besar dari ukurannya. Mungkin ini disebabkan karena penggunaan bezel yang tipis (sempit) sehingga bidang dial menjadi lebih lebar dan mendominasi secara visual. Sebab lain, posisi lugs yang tidak panjang sehingga 'kaki' jam tidak terlihat mendominasi penampang casing. Ketika dikenakan cukup nyaman dan eye catching karena finishingnya yang berkilau dari setiap sudut manapun kita melihatnya. Grand Seiko selalu tetap memunculkan senyum kagum saat setiap kali saya memandangnya..

Buy Rolex, If you want to impress others..
Buy Grand Seiko to impress your self...


No comments: