Sunday, December 29, 2019

GTG KRONOMETROFILIA Akhir Tahun 2019


 Tidak terasa sudah 11 tahun perjalanan KRONOMETROFILIA, sebagai komunitas penggemar jam tangan yang pertama di Indonesia. Awalnya komunitas ini hanya fokus pada penggemar jam antik dari berbagai merek, namun sejalannya waktu KRONOMETROFILIA juga mengakomodir para pengemar jam tangan secara umum. Saat ini sudah sangat banyak komunitas serupa yang fokus pada merek, jenis dan model jam tangan tertentu.

Pada 22 Desember 2019 lalu, saya dan salah seorang rekan pendiri komunitas ini berinisiatif untuk mengadakan Get ToGether (GTG) akhir tahun sebagai ajang silaturahmi dan sekaligus update koleksi jam dari anggota komunitas. GTG seperti ini sudah jarang kami lakukan karena kesibukan dari masing-masing anggota.


 Bertempat di The Atjeh Connection yang terletak di Gedung Sarinah Thamrin lantai UG, lokasi ini termasuk strategis karena mudah dijangkau oleh sarana transportasi umum termasuk MRT. GTG kali ini dihadiri oleh sekitar 22 anggota yang mayoritas merupakan anggota lama KRONOMETROFILIA.


 Seperti halnya GTG sebelumnya, mayoritas koleksi yang dibawa adalah jam antik dari berbagai merek dan asal produksi: Jepang, Swiss, Jerman dan Rusia. Beberapa merupakan jenis jam yang sudah sangat sulit didapat saat ini.


 Pada foto di bawah adalah berbagai model dari SEIKO Diver vintage seri 6306, 6309 dan 6105 yang semuanya dalam kondisi masih bagus. Pada foto paling kiri adalah CITIZEN alarm dengan varian yang sangat jarang.


 Salah satu jam favorit saya dalam GTG kali ini adalah sebuah IWC modern Mark XVI yang desainnya sangat sederhana dan berkarakter. Tidak seperti Mark XVI lain yang pernah saya lihat, Mk XVI ini memiliki ukuran yang lebih kecil.



 Dalam kesempatan GTG kali ini, saya juga mengusulkan untuk kembali membuat jam KRONOMETROFILIA yang dibuat secara terbatas. Jam KRONOMETROFILIA sebelumnya yang pernah dibuat menggunakan basis jam Poljot yang saat itu dibuat hanya sebanyak 100 buah saja. Mudah-mudahan keinginan tersebut bisa kami realisasikan di tahun 2020. Ada beberapa ide model dan produsen yang akan kami pilih untuk membuat jam tersebut.





 Tidak terasa sudah lebih dari 4 jam kami berkumpul,bercakap, bertukar pikiran dan bertransaksi. Akhirnya GTG kami akhir dengan melakukan foto bersama dengan menggelar koleksi jam yang kami bawa saat itu.

Selalu menyenangkan ketika bertemu dengan sahabat yang memiliki passion dan kegemaran yang sama. Insya Allah semua diberi kesehatan agar bisa kembali bertemu di GTG tahun depan...!


No comments: