Tuesday, September 2, 2008

OMEGA Seamaster Chronometer cal.751

Saya pernah menjumpai jam tipe ini dikenakan oleh sobat saya sesama penggemar jam kuno. Keinginan untuk bisa memiliki tipe ini lenyap sudah saat saya diberitahu bahwa jam tersebut sudah dijual karena kepada orang lain.

Suatu hari saat bertemu dengan salah seorang pedagang keliling saya lihat dia pakai jam yang saya inginkan dulu dan segera saya minta dan saya tawar. Semula dia menolak karena jam ini merupakan salah satu jam kesayangan dia dan tidak mau dijual. Tapi akhirnya dia luluh juga dan memberikan jam ini kepada saya.

Jam ini adalah Omega Seamaster yang unik karena desain casingnya besar dan jauh lebih besar dari versi Seamaster biasanya. Diameter jam ini sekitar 39mm dan menggunakan rantai yang serupa dengan yang digunakan pada jam-jam speedmaster.

Keunikan lain adalah movement yang digunakan adalah cal.751 dan sudah mendapatkan sertifikasi chronometer. Tipe seamaster vinatge jarang sekali yang menggunakan movement dengan sertifikasi chronometer seperti ini. Mesin-mesin ini biasanya digunakan untuk Constellation.

Kalau anda perhatikan kaca mika yang digunakan pada jam ini memiliki inner magnifier yang besar karena jam ini memiliki feature day-date sehingga magnifier-nya menyesuaikan dengan besaran day-date.
Saat dikenakan di pergelangan tangan Seamaster ini terlihat sangat gagah dan kelihatan keseluruhan jam ini memenuhi pergelangan tangan saya.

2 comments:

Anonymous said...

Salam buat teman disini.

Saya sahabat dari Kuala lumpur, sangat kerap melayan blog jam kuno ini, Saya meminati koleksi yg dipaparkan disini.

Akhir2 ini saya mula meminati model eropah khususnya beberapa model zeppelin automatik dan mechanical.

Boleh tuan komen tentang jam2 yg masih menggunakan mesin mechanical ini?

Terimakasih....

ARIF YULIANTO said...

Maaf encik, saya kurang mengerti dengan model yang encik maksud. Untuk lebih baiknya email saja langsung ke email saya acing2000@yahoo.com