Sunday, March 8, 2009

Rolex 6694 Manual winding Ca.1959

Ada sesuatu hal yang sangat menarik buat saya dari Rolex produksi tahun 50-an, yaitu desain dialnya. Contohnya adalah Rolex 6694 ini. Dari catatan di pada caseback diketahui bahwa jam ini dibuat pada kwartal ke-3 tahun 1959. Desain tulisan ROLEX masih menggunakan huruf kapital Arial dengan sistem tempel kepingan baja dan bukan sablon seperti era sesudahnya.
Jarum model daun (leaf hands) yang menurut saya sangat anggun dan luwes. indeks penunjuk jam menggunakan bentuk lancip kecuali pada penunjuk angka 6 dan 9. Semua indeks berwarna gold. Tanggal menggunakan 2 warna yaitu merah (tanggal angka genap) dan hitam (tanggal angka ganjil). Sistem penanggalan berbeda warna ini sering disebut sebagai Roullete Date.


Kalau anda klik gambar diatas akan terlihat bahwa dial jam ini sudah teroksidasi secara alami dan berubah warnanya menjadi agak kehijauaan dan terlihat bercak-bercak merata pada dial. Tulisan Oysterdate berwarna kuning sedangkan tulisan Precision berwarna putih. Saya kurang tahu masalah perbedaan warna ini, apakah tulisan Precision dibuat/ digrafir ulang atau tidak sebab kualitas buatannya sangat bagus dan alami. Atau mungkin tulisan itu dibuat putih untuk menyamakan dengan warna jarum yang berwarna steel/ putih.
Rolex 6694 produksi tahun 50-60an awal menggunakan rantai oyster tipis dan kebetulan rekan saya memiliki sisa rantai oyster tipis dengan sistem klem pada tiap sambungan rantai. Kondisi rantai memang tidak mulus sekali namun sesuai dengan usianya yang sudah 50 tahun. Beginilah setelah 6694 saya dipasangkan dengan rantai oyster.


Salah satu ciri rantai Rolex periode ini adalah pemasangan logo Rolex yang menyembul dari pinggir claps dan nampak seperti 'bunga' ketimbang 'mahkota.


Saya coba bandingkan 6694 tua saya dengan 6694 generasi terakhir tahun awal 80-an. Yang kanan memang kalah kinclong dan mulus, tapi aura dan 'wibawa'nya beda.. :-)

1 comment:

Anonymous said...

type ini harga 2nd-nya brapaan ya?