Wednesday, July 29, 2009

ROLEX GMT Master II Ca.2003

Saat membaca ulasan seorang rekan senior dalam dunia koleksi jam antik mengenai iconic watches, saya langsung ingat kalau sebenarnya saya pernah beli sebuah jam dengan iconic design tapi lupa ditaruh dimana. Akhirnya saya temukan jam ini masih ada di dalam kotak aslinya dan kotak itu ternyata 'tertimbun' diantara beberapa kotak jam berbagai merek yang saya kumpulkan. Saya tidak pernah membuka untuk mengecek setiap kotak jam yang ada di lemari karena saya mengira kotak itu kosong semua! Setelah sekian lama 'terlupakan' akhirnya saya temukan dan langsung saya pakai. Jam ini adalah ROLEX GMT Master II ref.16710 produksi tahun 2003. Jam ini sejak saya beli dari seorang rekan memang jarang saya pakai karena saya lebih sering pakai Rolex Submariner No Date.

Desain Rolex GMT Master II tidak banyak berubah sejak tahun 50-an akhir. Kalaupun ada perubahan hanya pada material (movement, bezel dan crystal) serta perubahan-perubahan kecil tampilan terutama pada crown guard, dari yang semula No Crown Guard kemudian pointed crown guard dan sampai akhirnya di desain crown guard seperti sekarang. Karena itu jam ini termasuk dalam iconic desain yang timeless dan akhirnya banyak ditiru desainnya oleh produsen jam lain. Pada tahun 2007 akhir, Rolex mengeluarkan tipe terbaru dari seri GMT master II dengan perubahan desain yang lebih besar dan penggunaan material keramik untuk bezel-nya.

Jam ini saya peroleh dalam keadaan masih sangat baik karena si empunya sebelumnya jarang menggunakan jam ini karena jam-nya ada puluhan, bahkan jam seperti ini dia memiliki 4 buah!

Berdiameter 40mm dengan ketebalan 10mm, desain jam ini serasa pas besarnya. Mungkin ini adalah diamater ideal bagi sebuah jam tangan, beda dengan jam-jam sekarang yang sedang trend dengan casing ukuran besar. 24 hour Bezel dapat dipertukarkan dengan desain bezel lain dengan warna yang berbeda (merah dan hitam), dan untuk menggantinyapun tidak sulit. Movement menggunakan automatic Cal.3185 dengan quick set date mechanism. Jam ini juga menggunakan mekanisme perubahan jarum jam secara independen sehingga memudahkan pengguna saat harus merubah time zonenya karena tidak perlu memutar jarum menit.

Menurut saya, jam ini cocok untuk dipakai dalam acara apapun baik resmi maupun informal. Hal ini disebabkan karena disain jam ini yang menurut saya klasik dengan dimensi yang pas. Karena tipe ini diskontinu maka kemungkinan akan semakin banyak dicari untuk dikoleksi.

No comments: