Tuesday, October 6, 2009

GRAND SEIKO Hi-Beat Cal.6145A

Saya sudah sejak lama mengagumi desain dan kualitas jam-jam Seiko antik terutama yang tipe sport. Salah satu 'obsesi' lain adalah dengan mengumpulkan seri high-end Seiko seperti Grand Seiko dan King Seiko terutama yang memiliki hi-beat movement 36,000bph. Setelah pertama kali mendapatkan Grand Seiko 6146 dari Yogya, saya selalu buka mata dan telinga guna mendapatkan info Grand atau King Seiko lain yang hendak dijual. Dan ternyata info itu hari ini datang dari teman saya di Jakarta.
Hati saya langsung deg-degan saat menerima sms singkat "Bang, ada seiko GS mau dijual". Langsung saja saya minta sms-kan ciri-ciri jam tersebut sekaligus negosiasikan harganya. Hal pertama yang saya tanyakan saat mendapatkan atau melihat sebuah Grand Seiko yang hendak dijual adalah Kenop (crown) nya, karena bagi para penggemar GS, kenop GS merupakan salah satu masterpiece dari jam ini dan sebaiknya mempunyai Grand Seiko dengan kenop yang masih asli.
Hal kedua yang selalu saya tanyakan adalah model jarumnya, karena kalau jarum berbeda dengan pakemnya, bisa jadi jam itu pernah dibuka-buka, gonta-ganti parts atau hal lainnya. Grand Seiko adalah jam high end dari brand ini jadi sebisa mungkin semua yang melekat pada dial dan casing merupakan bawaan jam itu. Hal terakhir yang saya tanyakan adalah kondisi dial. Sebisa mungkin dial masih original, bukan grafir atau re-done. Dial menua atau aging tidak masalah bagi saya karena memang sudah sewajarnya. Yang penting tulisan semuanya masih jelas, logo GS belum pernah copot (kalau pernah copot dan dipasang kembali akan terlihat bekas lem-nya). Indeks GS ini dibuat dengan desain khas jam-jam tahun 70-an dengan bentuk balok yang tidak rata, melainkan seperti bentuk trapesium dan dibuat dengan sangat baik dari segi cutting dan polishing. Setelah semua yakin benar, baru saya berani melihat, menawar dan kemudian membelinya.


Grand Seiko ini merupakan keluarga dari tipe 61GS atau Grand Seiko dengan menggunakan movement hi-beat 36,000 bph. Grand Seiko sebelumnya yang saya miliki memiliki Cal.6146 dengan fungsi day-date, sedangkan Cal.6145 hanya memiliki fungsi date saja. Keunikan dari GS ini adalah benruk casingnya yang saya rasa terlihat lebih kokoh dari versi 6146. Perbedaan yang mencolok adalah material kaca (mika). GS ini memiliki bentuk mika yang tebal menyerupai kristal (hardlex) yang digunakan pada seri automatic chronograph. Dan hardlex ini tidak rata melainkan bersudut (facetted cut hardlex). Pada sisi kiri dan kanan menurun sedikit. Tipe hardlex seperti ini sering saya jumpai pada seri King Seiko Vanac dan juga Seiko Lord Matic.

Seperti halnya seri 6146, case back GS ini juga memiliki emblem emas khas GS dengan informasi tipe 6145-8050. Dari nomor seri diketahui kalau jam ini diproduksi pada Bulan April 1972. Movement 61GS ini diproduksi sejak 1968 sampai tahun 1974 dan dibuat dari dasar movement Seiko matic 5 Cal.61XX. Seiko mengerahkan watchmaker terbaiknya untuk membuat movement ini guna bersaing dengan movement buatan swiss.
Saat saya terima jam ini masih belum pernah dibersihkan sehingga terlihat kotoran bekas karet yang mengeras menempel pada ulir case back, juga kotoran-kotoran pada sudut-sudut lugs. Movement secara umum masih dalam keadaan bersih dan berjalan sangat halus.
Dial berwarna biru muda agak ke abu-abuan dan resiko dari dial berwarna seperti ini adalah akan terjadi perubahan warna yang disebabkan oleh proses oksidasi. Untuk jam dengan usia lebih dari 35 tahun kondisi seperti ini masih bagus. Diameter jam sekitar 35mm, kira-kira sebesar Rolex 6694. Rantai saya pasangkan rantai generik Seiko. Perburuan Grand dan King Seiko seringkali menegangkan karena selain tipe ini jarang sekali beredar, jam-jam seperti ini banyak sekali yang cari karena kolektibel dan value-nya bagus untuk disimpan. Sebuah toko online di Jepang bahkan memberi harga 178,000 Yen untuk tipe ini dengan rantai original GS! weleh..weleh...

No comments: