Saturday, August 14, 2010

OMEGA Chronostop Diver Cal.865

Pada tahun 1966, Omega mengeluarkan sebuah tipe manual winding chronograph yang unik karena hanya memiliki sebuah tombol untuk mengaktifkan dan me-rese kembali jarum detik. Movement itu adalah Cal.865 yang tidak memiliki feature tanggal. Cal.865 hanya diproduksi sebanyak 140,000. Versi revisi-nya muncul 2 tahun kemudian dengan penambahan fungsi tanggal dan diberi kode Cal.920.

Omega Chronostop yang merupakan akuisisi terakhir saya ini adalah dari jenis Chronostop diver karena inner bezel jam ini merupakan penunjuk hitungan menit yang lazim digunakan pada jam-jam diver. Pada case back, Omega mencantumkan bahwa saat jam ini diproduksi telah diuji untuk ketahanan air sedalam 120m.

 
Dari sekian banyak jenis Chronostop, memang jenis-jenis seperti ini yang saya sukai karena desainnya yang lebih maskulin dan dimensinya yang jauh lebih besar dari Chronostop kebanyakan. Dimensi chronostop jenis ini adalah 41mm untuk diameter dan panjang lug-to-lug sekitar 47mm dan harus menggunakan strap dengan lebar 22mm. Chronostop ini memiliki 2 kenop pemutar berukuran besar. Kenop utama yang berada di posisi angka 4 untuk melakukan perubahan jarum dan mengisi tenaga, sedangkan kenop di posisi angka 10 untuk memutar inner bezel.


Semakin lama populasi Omega antik semakin sedikit dan jarang didapat, apalagi untuk tipe-tipe unik seperti chronostop diver ini. Karena penggemar jam-jam antik sekarang semakin banyak, sedangkan pasokan barangnya tidak berubah. Memang perlu waktu lama untuk bisa mengumpulkan tipe-tipe omega antik terutama yang collectible. Salah satu keinginan saya adalah mengumpulkan semua varian chronostop terutama yang memiliki bezel seperti chronostop diver dan chronostop GMT Pilot, seperti gambar di bawah ini.

1 comment:

myself said...

sir,

mulus amat.
how much is d price for this nice timepiece, sir?

thanks