Sunday, August 1, 2010

ROLEX Datejust Ref.1601 Solid 18K YG

Sebelumnya saya bukanlah penggemar Rolex yang menggunakan elemen gold, karena bagi saya penampilan Rolex menjadi tidak elegan. Namun entah karena faktor usia yang sudah masuk kepala 4, saya kok pengen punya setidaknya satu saja Rolex gold, dan maunya pengen punya yang solid gold. Rolex solid gold yang saya inginkan adalah dengan dial putih atau hitam karena agar penampilannya kontras antara 2 warna Gold-putih atau gold-hitam. Dan harus tanpa rantai (kepala saja) karena saya kok belum 'tega' untuk pakai Rolex solid gold sekaligus dengan rantainya, dan alasan lain yang lebih valid sih karena dana yang dibutuhkan akan sangat besar!.. :-).

Seorang teman sesama penggemar jam suatu kali memperlihatkan jam ini kepada saya. Sebuah Rolex Datejust Ref.1601 solid 18K YG yang merupakan produksi tahun 1972 (serial number 3,4XX,XXX). Yang saya suka dari Rolex ini adalah desain dial yang berwarna Black matte dial atau hitam tidak berkilat. Saya kira awalnya dial jam ini adalah hasil refurbished tapi setelah dijelaskan dan dengan diperiksa dengan lebih teliti, dial jam ini masih original. Bahkan index tritium yang ada di setiap indeks masih ada dan lengkap! Bentuk indeks berupa balok juga terlihat besar-besar jadi secara desain total komposisi-nya lebih menarik.

Kondisi movement cal.1570 juga masih terlihat bagus dan bersih. Saya memang jarang melihat Rolex solid gold yang movement-nya kotor dan tidak bagus, mungkin karena pemilik Rolex soled gold pasti menyimpan dan merawat jamnya dengan baik, jadi tidak heran kalau kondisinya selalu prima. Tindakan selanjutnya adalah dengan memasangkan Rolex gold ini dengan strap yang kualitasnya juga bagus dan kebetulan saya menyimpan beberapa tali kuli berkualitas bagus, salah satunya adalah 'oleh-oleh' teman saya sewaktu ke Hong Kong. Sebuah tali kulit hitam yang terbuat dari genuine alligator. Desain strap dan coraknya sangat bagus dan cocok ukurannya untuk jam Rolex. Dan untuk melengkapi penampilan maka saya pasangkan juga Rolex buckle generik yang berwarna emas.

Dengan penampilan barunya, Rolex 1601 ini menjadi bertambah elegan penampilannya. Bahkan istri saya yang seringkali protes kalau saya pakai jam yang ada unsur emas-nya, berbalik menjadi memuji penampilan Rolex gold dengan dial black matte dial ini. Memang sih jam ini akan lebih cocok bila digunakan di saat resmi atau dengan pakaian kerja dan kurang sesuai kalau dipadukan dengan celana jeans dan T shirt.

Hari Minggu ini kebetulan saya berencana untuk ajak keluarga dan mertua untuk makan siang di luar rumah. Sebelum pergi, saya minta istri saya untuk melepas jam yang dia pakai agar bisa difoto bersama dengan Rolex yang saya hendak pakai ini. Rolex 1601 yang istri saya pakai usianya lebih tua dan penampilannya senada. Dimensi indeks sama besarnya, hanya saja elemen emas pada 1601 yang istri saya pakai terbuat dari rose gold. Dan beginilah penampilan keduanya!

2 comments:

Dino said...

melihat koleksi jam tangan rolex yg anda miliki saya suka karena saya sedang mencari seri yang anda miliki.
bila berkenan dapat memberi info kepada saya kalau ada yang menjual.
hubungi saya melalui email di dtrisusilo@yahoo.com (dino trisusilo)
terima kasih

Arif said...

Pak Dino salam kenal, untuk jam-jam yang dijual sudah saya posting di blog yang lain yaitu http://jualanjam.blogspot.com> silahkan dikunjungi