Monday, January 14, 2013

Menjamurnya Blog Jam Lokal (1)


Beberapa rekan penggemar dan pengunjung setia blog menghubungi saya dan mempertanyakan jarangnya posting baru untuk blog ini dan malah lebih sering update blog jualanjam. Memang saya akui kalau saya sudah semakin sulit untuk mencuri waktu dan menulis review, cerita ataupun artikel informative lain terkait jam di blog ini. Memang, kalau posting jam untuk jualan jam saya tidak perlu berpikir panjang dan lama karena disana tidak mengikutkan pendapat dan analisa saya secara porsi besar. Hanya tuliskan spek dan info lain terkait jam yang dipajang, beres!
 
Dan sekarang saya akan mulai menulis lagi..

Kalau anda perhatikan selama 3 tahun belakangan ini semakin banyak blog yang memiliki konten jam, baik yang isinya segala informasi, review ataupun hal lain terkait, dan juga (kebanyakan) merupakan blog jual jam. Perkembangan ini membuat saya kaget juga karena saat saya memulai membuat blog tentang jam (jamkuno.blogspot.com) pada tahun 2006, yang namanya blog tentang jam masih bisa dihitung dengan dengan jari sebelah tangan. Di awal tahun 2013 saya coba hitung sepintas sudah lebih dari 77 blog jam lokal, itu belum termasuk blog yang belum terdeteksi dan saya yakin masih akan muncul lagi banyak blog-blog sejenis. Ini diluar forum-forum arloji yang berbasis di Indonesia, seperti di kaskus.co.id, yang memiliki banyak sekali informasi berharga terkait dunia horologi.


Kondisi ini menunjukkan beberapa hal:

1    Dunia horologi Indonesia semakin terbuka. Banyak penggemar jam yang selama ini merasa dirinya hanya sendiri saja, kini mulai menemukan teman-teman se-hobby dan juga komunitasnya. Orang-orang yang memiliki passion yang sama dalam mengoleksi jam tangan. Hampir setiap hari saya dihubungi baik telepon, sms atau email oleh orang-orang yang ternyata memiliki passion yang sama dengan saya. 

  Akan semakin banyak penggemar jam yang semakin ‘melek informasi’ karena mudahnya mendapatkan informasi tentang sebuah jam di blog local atau melalui forum jam yang ada di Indonesia.


Saya sebagai penggemar jam menjadi lebih tahu bahwa Indonesia ternyata adalah salah satu ‘surga’ buat jam antik karena beberapa kali saya melihat jam-jam antik yang tergolong rare dan collectible dimiliki oleh teman-teman disini. 



      Bila melihat sebagian besar konten blog yang berjualan jam, maka bisa juga dikatakan bahwa dunia horologi ternyata bisa memunculkan sebuah bisnis (dan pebisnis) baru, yaitu jual-beli jam bekas. Beberapa blog yang menjual jam saya perhatikan frekwensi barang terjual dan hit yang masuk ke blog tersebut cukup tinggi. Ini menunjukkan bahwa bisnis jual jam bekas online ternyata menggairahkan dan juga mestinya menguntungkan..!

     Dengan banyaknya blog lokal terkait jam, memberikan banyak pilihan bagi para penggemar jam yang ingin mencari jam yang dikehendaki tanpa perlu repot berkunjung ke toko jam setempat. Bahkan penggemar yang berada di remote area juga bisa memilih dan memiliki jam yang disukai hanya dengan search and click saja..!


    Para penggemar jam yang bosan dengan koleksi jam mereka bisa punya alternative lain untuk menjual jamnya. Mungkin selama ini mereka jualnya di toko jam bekas, sekarang bisa me-nitip jual-kan di blog dengan harapan mendapatkan harga yang lebih baik. Untuk kondisi seperti ini, 2 pihak (pemilik jam dan pemilik blog) sama-sama diuntungkan. Pemilik jam akan mendapatkan harga yang (mungkin) lebih bagus dan pemilik blog akan semakin memperbanyak jumlah kunjungan ke blog-nya.

    Harga jam bekas jadi memiliki semacam ‘standard harga’. Banyak orang menjadi lebih terbuka informasinya terkait harga pasaran sebuah tipe jam yang diinginkan. Hal ini menguntungkan ketika mereka melakukan penawaran terhadap sebuah jam.





No comments: