Friday, October 7, 2016

SEIKO Presmatic Hi-Beat 5146-7090


SEIKO Presmatic, menurut saya, adalah salah satu model SEIKO vintage yang berada 'diluar radar'. Model ini tidak banyak dibahas dalam forum dan juga memang jarang melihat sebuah Presmatic yang masih dalam kondisi baik dan utuh. Keberadaannya jarang dibicarakan mungkin juga karena dipengaruhi oleh keberadaan atau jumlah model ini yang tidak sebanyak model dressy Seiko lainnya. Presmatic, yang disebut juga sebagai Seikomatic-P untuk pasar domestic Jepang, mulai diproduksi pada Maret 1967di pabrik Daini. Generasi awal Presmatic menggunakan low beat movement cal.5106 yang memiliki 19,800 bph dan memiliki 33 jewels. 


Pada tahun 1969, SEIKO menghentikan produksi 5106 dan menggantikannya dengan versi hi-beat 28,800 bph dengan Cal.5146. Secara kualitas produk dan movement yang digunakan, Presmatic sepertinya diposisikan sedikit atau sama dengan King Seiko. Ini terlihat dari kualitas dan konstruksi movement. Nama Presmatic dibuat untuk keperluan ekspor ke negara non-Asia dan pada versi generasi kedua nama Seikomatic-P tidak lagi digunakan. Produksi Preesmatic 5146 high beat dihentikan pada tahun 1970 dan dibuat dalam beberapa varian. Presmatic dalam posting ini adalah 5149-7090 yang desainnya menyerupai casinga C-Shape constellation.

Dial 7090 ini dibuat seperti bertekstur serupa tikar berwarna silver. Dimensi casing sekitar 38mm tanpa berikut crown. Keunikan Presmatic adalah mekanisme quick set date dilakukan dengan menekan crown bagian tengah yang berbentuk hexagonal.


Rantai Presmatic ini merupakan bawaan asli dari model 7090. Bagi saya, desain dan bentuk rantai ini nyaman dipakai dan pada claps terdapat grafiran Presmatic. Untuk jam yang usianya sudah 46 tahun, kondisi Presmatic ini masih sangat bagus, dan sulit untuk mendapatkan sebuah Presmatic dalam kondisi bersih dan utuh seperti ini.


No comments: