Wednesday, March 25, 2020

ROLEX DAYTONA Paul Newman mencapai rekor harga tertinggi



Paul Newman adalah salah satu bintang Hollywood yang namanya sangat menjual dalam dunia horology. Setiap jam yang terkait dengan namanya akan selalu dihargai tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jam model sejenis. Kita sedang bicara mengenai Rolex Daytona Paul Newman. Dan memang banr, Salah satu jam yang terlihat sering dipakai oleh Paul Newman adalah Daytona. Dan sejak Paul Newman meninggal, para kolektor mulai mengira-ngira apakah Rolex Daytona yang sering dipakainya akan masuk ke lelang. 



Rasa penasaran mereka terjawab pada 26 Oktober 2017 saat Rumah lelang Phillips melelang Rolex Daytona Paul Newman yang sebenarnya dan langsung mencatat rekor baru dalam dunia lelang jam. Harga tertingi yang berhasil dicapai dalam lelang yang hanya berlangsung selama 12 menit adalah US$17,752,500 (sudah termasuk komisi lelang, asuransi dll) atau sekitar IDR 266,287,500,000 (dengan 1US$ = IDR15,000)!!



Memang sejak awal diumumkan bahwa Phillips akan melelang saah satu the grail of holy grail dari Rolex ini banyak kolektor, traders dan brand owner yang tertarik untuk mengikuti lelang. Namun peserta dibatasi hanya 32 orang saja termasuk bidders melalui telephone yang berhak untuk memberikan penawaran. Harga awal yang dibuka untuk jam ini adalah US$1,000,000. Tidak sampai 1 menit, seorang perantara bidder online menyerukan “Ten million dollars!”. Tidak pernah terjadi dalam lelang sebelumnya angka penawaran meningkat hingga 10x lipat dari harga awal. Angka penawaran sempat tertahan di angka US$12,500,000 selama beberapa menit. Sampai akhirnya meningkat perlahan hingga menembus angka US$15,500,000 (belum termasuk komisi lelang dll). Angka itu juga merupakan harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah jam tangan vintage dalam sebuah lelang. Sampai saat ini banyak orang masih penasaran dengan bidder via telephone yang memberikan penawaran fantastis itu.
 
Paul Newman dan istrinya Joanne Woodward

Newman mendapatkan Rolex Daytona Ref.6239 tersebut sebagai hadiah dari istrinya, aktris Joanne Woodward, pada tahun 1968 yang dibelinya dari Tiffany & Co New York. Joanne menuliskan pesan ‘Drive carefully me’ di caseback jam tersebut. Sejak saat itu, Newman banyak terlihat menggunakan jam itu di setiap kesempatan. Setelah 10 tahun memakain jam tersebut, Newman menghadiahkan jam tersebut kepada kekasih dari anak perempuan tertuanya Nell Newman, yang bernama James Cox. Cox yang saat itu sedang bekerja membuah rumah pohon di halaman belakang rumah Newman kaget karena tiba-tiba Newman meminta dia untuk menerima jam tangan tersebut sebagai hadiah. 


James Cox and Paul Newman
James Cox memakai jam itu selama bertahun-tahun sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dari Newman yang akhirnya menjadi teman dekatnya. Kenyataan ini tidak diketahui oleh para kolektor dan dealers yang memburu Daytona Newman. Mereka menganggap ja tersebut disimpan oleh keluarga sebagai kenang-kenangan. 

Sampai akhirnya pada awal tahun 90-an. Cox mulai menyadari nilai sebenarnya dari jam tersebut dan hal ini dia utarakan kepada keluarga Newman, terutama Nell. Setelah berdiskusi dengan beberapa kolektor besar dan juga pengacara, Cox akhirnya memutuskan akan melelang jam itu di Balai Lelang Phillips. Sebagian besar porsi dari Hasil dari lelang tersebut Cox berikan ke yayasan yang dimiliki oleh mantan kekasihnya Nell Newman. Yayasan yang dimiliki Nell Newman bergerak di bidang pendidikan, penyelamatan hewan dan aksi kemanusiaan.Sampai saat ini Cox masih berhubungan baik dengan keluarga Newman,

Nell Newman dan James Cox.
Seringkali harga sebuah benda menjadi sangat tinggi bukan karena nilai produknya, namun lebih pada cerita yang menyertai perjalanan jam tersebut. Rolex mengeluarkan berbagai macam seri Daytona, dan karena model 6239 lah yang dipilih Joanne Woodward sebagai hadiah untuk Paul Newman maka harganya menjadi sangat tinggi.


No comments: