Tuesday, May 8, 2007

OMEGA British Military, Rare Item!

Seperti yang sudah saya tuliskan dalam artikel di blog ini sebelumnya, pada perang dunia kedua banyak beredar jam-jam militer dari berbagai merek maupun yang non-merek. Kali ini saya akan menuliskan salah satu koleksi dari jenis OMEGA yang termasuk langka terutama untuk kondisi seperti ini.

OMEGA ini merupakan official time piece buat Militer Inggris. Hal ini ditunjukkan dengan logo broad arrow yang terdapat pada dial face dibawah tulisan OMEGA. Pada bagian casing belakang terdapat logo broad arrow dan huruf WWW disertai kode angka Y16164 10680363. Lug pada jam ini merupakan lug mati dan biasanya jam ini menggunakan tali nilon (NATO strap). Tali jam ini sudah diganti tali kulit dengan dijahit secara manual agar bisa dikaitkan.



OMEGA Military ini sering juga disebut sebagai Omega KNIL karena anggapan bahwa para prajurit KNIL termasuk dalam sekutu Inggris. Movement yang digunakan adalah manual wind Cal.30T2 15 jewels dengan ukuran 35mm diameter (tidak termasuk crown), 42mm panjang lug to lug dan tebal 12mm. Penggunaan sub second dial berukuran besar untuk mempermudah dalam membaca waktu.

Eye catching bila digunakan dan tinggi nilainya bila dilihat dari bobot sejarahnya!
Private Collection


1 comment:

Hellprophet said...

mas kalo saya punya yang kayak gini juga, ada cetakan KNIL di belakangnya, tapi merk nya Tissot yang jarum detiknya di bawah, kira2 dihargain berapa yah? masih jalan lho mas...malah suka saya pake, ditunggu info nya ya mas, makasih

-Angga-