Tuesday, May 8, 2007

UNIVERSAL Polerouter Super (SOLD)

Universal Polerouter dibuat pada tahun 50an sebagai jam resmi maskapai penerbangan SAS (Scandinavian Airline Syatem) yang pada saat itu membuka rute baru antara Eropa dan California (USA). Untuk mempersingkat jarak tempuh, SAS berencana melalui kawasan kutub utara dan ini ternyata dapat mempersingkat jarak ribuan km. Untuk rencana ini semua crew dalam penerbangan harus dilatih khusus di "SAS's Arctic Flight School". Universal Geneve saat itu setuju untuk melengkapi para crew dengan sebuah jam automatic presisi yang tahan terhadap pengaruh medan magnet di kawasan kutub.

Launching jam ini dilakukan pada saat musim gugur tahun 1954 dengan nama Polarouter. Desain jam ini dibuat oleh pembuat dan perancang jam terkemuka GERALD GENTA, yang juga mendesain tipa Royal Oak untuk Audemars Piguet dan tipe Nautilus untuk Patek Philipe. Polarouter kemudian diubah namanya menjadi Polerouter dan menggunakan automatic microrotor movement cal.215.
Akhir tahun 50an, jam Polerouter ini disebut sebagai the luxury watches dan saat itu harganya sama dengan sebuah Rolex Explorer. Bahkan Polerouter date yang terbuat dari solid gold 18K beserta braceletnya dihargai serupa dengan 1 buah mobil VW Beetle!

Universal Polerouter dalam koleksi ini adalah seri Polerouter Super dengan perkiraan produksi tahun 1963-1968. Jam ini menggunakan movement automatic cal.69 dengan 28 jewels dengan ciri khas ada garis horisontal dan indeks tanggal di angka tiga yang berbentuk conical. Dial hands bercorak balok dan berwarna sama dengan casingnya. Polerouter Super merupakan jenis Universal Polerouter pertama yang menggunakan logo berupa plat metal yang diatasnya dicetak huruf U.

SOLD Thanks to Mr.Lukas





No comments: