Saturday, April 26, 2008

CYMA NavyStar Autorotor from 50s (SOLD)

Ini adalah jam merek Cyma pertama kali yang saya miliki. Sebelumnya saya sering lihat jam merek ini (bahkan sampai sekarang masih produksi) tapi belum pernah sekalipun ingin memilikinya. Saat saya nongkrong di kios kakilima, teman saya tersebut mengambil sesuatu dari dalam laci dan ketika saya lihat saya awalnya tidak begitu tertarik. Karena menurut saya desainnya biasa dan merek Cyma kurang berkenan buat saya.

 
Namun setelah saya amati, saya mulai tertarik karena jam ini masih original semua bahkan sampai kaca mikanya! Cyma ini merupakan tipe Navystar dan diproduksi sekitar tahun 1957. Dari desain casingnya penampilan jam ini mirip dengan Omega cal.501. Keunikan lain bisa dilihat dari jarumnya yang "buntung", karena tidak memiliki "ekor" seperti jarum jam biasanya. Ujung dasar jarum jam ini bundar untuk menyangkutkan pada tiang. Desain jarum seperti ini jarang sekali saya lihat.

 
Movement jam ini automatic dengan 27 jewels dan dibuat oleh Tavannes dengan menggunakan special regulator micrometer. Kondisi mesin masih mulus, sayang saya lupa memotret movementnya. Warna tanggal pada jam ini berbeda, tanggal genap menggunakan warna hitam dan tanggal ganjil menggunakan warna merah (roulette date).

 
Pengunci rantai masih original dengan penonjolan logo Cyma berupa huruf "C" dan ditengahnya terdapat bola dunia. Logo yang sama juga terlihat pada lidah pengunci dan terdapat juga tulisan steelinox.

 
Kalau diperhatikan pada dial terdapat banyak "jerawat" yang merata pada hampir seluruh permukaan. Hal ini menunjukkan proses penuaan dari jam ini maklumlah usianya lsudah ebih dari 50 tahun!, dan nggak tahu kenapa saya malah tambah suka melihatnya!


SOLD

No comments: