Saturday, April 26, 2008

SEIKO 5 Actus Automatic 21 Jewels

Saat berkunjung ke sebuah tempat service jam di sebuah pasar, saya melihat bapak pemilik kios menggunakan sebuah jam seiko yang masih sangat mulus dan menarik minat saya. Segera saja saya minta dia untuk membuka jam-nya agar bisa saya lihat lebih dekat. Ternyata jam itu adalah SEIKO 5 Actus automatic. Kita sudah familiar dengan Seiko 5 dan mungkin sebagian dari anda juga pernah melihat Seiko Actus. Nah jam ini menggabungkan kedua tipe tersebut.

Menurut informasi yang saya dapat, Seiko Actus merupakan Seiko 5 yang dibuat khusus untuk pasar Jepang. Untuk memudahkan mereka membuat penamaan yang berbeda dengan Seiko 5 yang dijual untuk pasar international. Kata "Actus" kemungkinan berasal dari bahasa Latin yang artinya "Moving through". Namun tidak ada catatan resmi mengenai alasan penamaan ini. Seiko Actus juga merupakan "saudara"dengan jenis seiko automatic yang lain yaitu Seiko Advan.
Selain tertarik karena kumulusannya yang nyaris seperti baru, saya juga tertarik karena desainnya yang sederhana dan klasik. Automatic movementnya menggunakan cal.7019 dengan 21 jewels. Saya pernah lihat jenis Seiko 5 Actus dengan 23 jewels dan sistem SS (Stop second) di http://arlojikuno.blogspot.com. Bedanya dengan Seiko 5 Actus ini adalah material kaca bukan lagi menggunakan mika tapi sudah menggunakan crystal (hardlex mineral) setebal 2mm. Kemudian penunjuk hari sudah menggunakan 2 bahasa yaitu Inggris dan Kanji.

Warna dialnya silver agak gelap dengan kombinasi jarum jam runcing (my favorit!) dengan variasi garis hitam ditengahnya. Diameter jam ini cukup besar sekitar 37mm. Kondisi semua masih original dan sangat mulus. Karena itu setelah negosiasi akhirnya jam Seiko ini berpindah ke pergelangan tangan saya. Desain keseluruhan jam ini mengingatkan saya pada jam King Seiko yang pernah dijual di blog ini. Kerinduan saya akan King Seiko yang "hilang" tersebut sudah terobati kini dengan adanya Seiko 5 Actus ini.


1 comment:

Stargazer Shah said...

How about this one too?

I'm Shah from Kuala Lumpur. Really interested in Seiko watches.

TQVM