Tuesday, June 3, 2008

OMEGA Seamaster bumper early edition

 
Hari Selasa kemarin, sebuah paket yang berasal dari Yogya datang ke rumah. Ini adalah Omega pesanan saya berdasarkan informasi dari seorang teman yang berada disana. Untuk membuka paket ternyata cukup sulit karena dikemas sedemikian rupa dengan berlapis-lapis kemasan. Akhirnya setelah mencapai lapisan terakhir, inilah yang saya dapat: OMEGA Seamaster bumper!

 
Yang menarik perhatian saya pertama kali adalah desain casing terutama lugs-nya. Tipe casing dan Lugs seperti ini ada yang menyebutnya sebagai Bombay lugs dan merupakan generasi awal dari casing seri seamaster. Desain casing seperti ini juga digunakan pada Omega seri Constellation generasi awal. Tipe jam seperti ini diperkirakan diproduksi pada tahun 1951.
Pada saat dibuka case-back yang terlihat adalah movement yang masih dalam keadaan baik dengan Caliber 353. Beberapa website menyebut Omega bumper calendar ini dalam golongan 'Rare', dengan alasan: 1) posisi calendar yang terletak di posisi angka 6; 2) Original waterproofed Bombay case; 3) kombinasi broad arrow style index dan arabic numbers in gold.

 
Mungkin karena faktor usia yang sudah 57 tahun, kondisi dial sudah mulai pudar. Tulisan Omega Automatic Seamaster Calendar masih samar terbaca. Namun bagi saya keotentikan kondisi seperti ini sangat menarik dan eksotis. Jarum jam model dauphine (tombak) dengan jarum detik terbuat dari blued steel.

Omega bumper calendar 353 ini akhirnya dapat menemani omega bumper calendar yang sebelumnya sudah saya miliki dan dari generasi berikutnya dengan cal. 354.

1 comment:

kidsofmalaya said...

saya dari malaysia dan minat dengan koleksi jam antik.adakah kamu mahu jual jam antik?