Tuesday, June 10, 2008

SEIKO 60s and 70s vintage = Cheap Watches?

Banyak orang beranggapan dan mengatakan bahwa jam-jam Seiko vintage terutama dari tahun 60 dan 70an adalah jam murah yang berkualitas bagus. Apakah benar sejak awal dikeluarkan jam-jam tersebut merupakan jam murah berkualitas bagus? Saya akan paparkan beberapa fakta mengenai hal tersebut.

Pada tahun 60 hingga 70an, Seiko Diver terutama cal.6105 dan 6309 menjadi "legenda" bagi para prajurit Amerika. Karena sebagian besar dari prajurit menggunakan jam tipe itu di pergelangan tangan mereka. Alasannya adalah karena jamnya sangat tangguh, akurat dan terutama sekali "murah". Mereka membeli jam tersebut ketika ditempatkan di Jepang atau transit di Jepang sebelum dikirim ke medan perang Vietnam.

Jam-jam ini dikatakan "murah" karena para prajurit itu membandingkannya dalam mata uang Dollar AS, yang saat itu jauh lebih kuat dari Yen Jepang. Tapi bagi orang Jepang, jam-jam tersebut termasuk jam-jam yang mahal bila dikaitkan dengan penghasilan masayarakat Jepang pada masa itu. Sebagai gambaran, pada tahun 1968 gaji bulanan seorang pegawai baru di Jepang pada saat itu adalah 28,000 yen. Pada saat yang bersamaan, Seiko mengeluarkan tipe Diver 6105 (lihat gambar dibawah) dengan harga bandrol 14,500 yen dan ini sudah lebih dari separuh gaji karyawan baru pada saat itu.

Tahun yang sama juga (68) Seiko mengeluarkan tipe Diver cal.6159A (lihat gbr dibawah) untuk profesional diver 300m, yang sering juga disebut sebagai the "Grand" Seiko Diver karena movement-nya adalah hi-beat 28,800bph. Jam ini diluncurkan dengan harga 38,000 yen. Jadi seorang pegawai baru harus menunggu 2 bulan gaji baru bisa membeli sebuah jam Seiko diver 6159 baru!
Pada tahun 1970, rata-rata gaji pegawai baru di Jepang meningkat menjadi 32,150 yen per bulan. Tahun yang sama, Seiko mengeluarkan tipe automatic chronograph cal.6138 dengan harga 20,000 - 23,000 yen. Bahkan untuk cal.6138B (grade yang lebih tinggi) harganya sampai 30,000 yen (lihat gambar dibawah). Hal ini kembali menunjukkan bahwa seorang karyawan baru akan hampir menghabiskan sebulan gajinya hanya untuk membeli sebuah jam Seiko chronograph. Bagaimana kalau dengan Grand Seiko atau King Seiko? tentu lebih mahal lagi..


Bagaimana dengan masa sekarang? seorang karyawan baru lulusan perguruan tinggi di Jepang akan menerima gaji per bulan sebesar 200,464 yen (data tahun 2002). Jam Seiko MarineMaster 300m professional automatic dijual dengan harga 250,000 yen dan sebuah Grand Seiko bisa mencapai 350,000 yen!
Kesimpulannya,
Jam-jam sport Seiko (Diver dan chronograph automatic) yang seringkali kita sebut sebagai 'jam murah' ternyata pada masanya merupakan jam mahal. Jam-jam ini dulunya merupakan jam mahal karena memang secara kualitas they're damn good! nah kalau sekarang anda bisa mendapatkan jam-jam ini dalam kondisi bagus dan harga yang tidak begitu mahal..just go for it!

1 comment:

Anonymous said...

Setuju Pak Arief.

Jam mekanik emang tidak ada matinya.

Seandainya saya berkesempatan seperti bapak untuk mengoleksi berbagai jenis jam mekanik antik dari masa ke masa, tentu hal itu sudah saya lakukan :) Sayang kesempatannya belum ada pak.

Secara pribadi, hampir semua alasan yang bapak berikan saya amin-i. Sampai saat ini pun, di rumah saya, semua jam masih menggunakan jam mekanik. Hal ini merupakan hasil 'didikan' kakek saya yang memang hidup di zaman jam mekanik dan kebetulan sedikit bisa mereparasi jam mekanik, paling tidak sampai pembuatan gir mekanik jam dinding. Keturunannya pun kini menyukai jam mekanik semua :)

Jam kuno mewarisi kualitas pengerjaan di masa lampau. Namun, saya menambahkan, bagi anak muda yang tetap menyukai model maupun produk baru, pilihan jam mekanik tetap merupakan pilihan terbaik ( minimal menurut versi saya, hehehe ).

Keindahan, keakurasian, dan ketelitian di dalamnya merupakan hal ajaib yang ada di tangan kita dan menemani setiap langkah kita :)