Sunday, January 11, 2009

The FIRST Watch In Space: Juri Gagarin story

Pada 12 April 1961, pukul 06:07 GMT. Juri Gagarin, yang berada di ruang control Vostok One, merupakan sebuah era baru bagi manusia di ruang angkasa yang merubah pola piker manusia mengenai perjalanan ke ruang angkasa. Teknologi yang embawa manusia ini ke ruang angkasa dan kembali dengan selamat ke bumi adalah alat termodern pada saat itu. Ironisnya, jam yang digunakan di tangannya adalah jam dengan teknologi yang umurnya sudah se-abad (movement mekanik). Agak aneh memang, di jaman era jam quartz yang bisa lebih presisi dia lebih memilih jam mekanik sederhana itu.
The STURMANSKIE, (atau ШТУРМАНСКИЕ dalam bahasa Cyrillic,) merupakan jam yang diberikan kepada para lulusan sekolah penerbang Orenberg Flight School sejak tahun 1940. Jam-jam ini memiliki movement kualitas yang baik dan presisi. Gagarin telah di supply merek Sturmanskie, sebagai pabrik jam pertama di Rusia. Begitu juga saat dia lulus dari Orenberg.

Didasarkan pada desain awal jam Perancis, Lip R26, dimana saat itu Soviet membeli mesin-mesin produksi jam LIP. Soviet kemudian melakukan pengembangan pada desain dengan menambahkan central seconds complication dan fungsi hacking system dimana pemakai jam dapat dengan presisi memberhentikan jarum jam dan disinkron-kan dengan waktu yang telah disepakati. Hal ini menjadi kritikal bagi jam-jam militer maupun penerbangan karena kesamaan waktu antara pilot dan base menjadi dasar dalam perencanaan waktu dan lokasi pendaratan pesawat.

Jam Sturmanskie yang dikenakan Gagarin diruang angkasa memiliki finishing yang baik, 17 jewel, shock protected movement. Movement dilapisi oleh lapisan chrome, two-piece case dengan diameter 33 mm, tebal 12 mm, dengan 16 mm lebar lug dan stainless steel screw back. Tidak seperti jam-jam lainnya pada saat itu yang memiliki stainless steel snap back, jam baru yang dikenakan Gagarin memiliki seal dan gasket yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan tahan air.

Faktanya, movement dan case Sturmanskie secara visual memiliki banyak kesamaan dengan versi sipilnya, civilian Sportivnie (Спортивные). Hanya ada perbedaan kecil pada desain dialnya. Setelah penerbangannya yang terkenal sukses, Jam yang dikenakan Gagarin didonasikan kepada sebuah perusahaan yang kemudian dikenal dengan nama ПОЛЕТ atau Poljot, yang berarti ‘penerbangan’. Untuk menghormati misi Gagarin yang fenomenal, Poljot mengeluarkan banyak tipe jam yang menggunakan nama Gagarin dalam produknya, sampai saat ini.


Soviet selain menerbangkan laki-laki pertama di ruang angkasa, mereka juga menerbangkan wanita pertama kali ke ruang angkasa pada 16 Juni 1963, Valentina Tereshkova, yang meng-orbit dengan pesawat Vostok 6. Dia melewatkan 3 hari di ruang angkasa dan mengelilingi bumi sebanyak 48 kali sebelum kembali memasuki atmosfir dan mendarat dengan selamat di bumi. Tereshkova, terlihat dalam foto dibawah menggunakan jam Sturmanskie.



1 comment:

eko said...

mas saya ada jam listik antik
masih jalan
pakai listik 110v
jika tertarik bisa hub saya
atau

http://www.property2009.co.cc/

komplit data ada disitu,jika mau cari yang lain bisa saya bantu
trim
eko
081 333 088990
rumah
0341 725113