Wednesday, January 7, 2009

GRAND SEIKO Hi-Beat 36,000. Rare!

Salah seorang rekan di Yogya yang tahu kalau saya memang demen banget dengan seiko antik mengabarkan sesuatu yang membuat saya deg-degan: "Ada yang mau jual Seiko GS!".
Memang sejak mulai menggemari jam antik terutama seiko, Seiko GS adalah tujuan utama dan sampai kapanpun saya akan berusaha mendapatkannya. Dan pencarian saya berakhir hari Rabu lalu! Karena seiko ini adalah seiko termahal yang pernah saya beli maka saya tidak ingin keliru. Beberapa pertanyaan utama yang saya ajukan adalah: apakah di caseback ada emblem Seiko GS terbuat dari emas, apakah kenop ada tulisan GS dan apakah jarumnya seperti terbelah. 
Begitu semua telah dikonfirmasi, dia kemudian mengirimkan jam ini dan saat tiba dengan tidak sabar saya buka paketnya dan yang nampak adalah gambar dibawah:.. Seiko GS Automatic cal.6146A.

 
Sekilas tentang Seiko GS:
Sebelum tahun 60-an, mayoritas orang percaya bahwa jam-jam buatan Swiss adalah jam dengan pembuatan yang sangat baik dan berkualitas tinggi dan jam buatan Jepang termasuk inferior. Seiko percaya bahwa mereka juga mampu membuat jam dengan kualitas yang sama baiknya dengan Swiss. Faktanya, Seiko sudah memproduksi 2 jenis jam yang juga berkualitas tinggi yaitu seri Crown dan Chronos .
Grand Seiko adalah hasil dari keyakinan mereka. Siapa yang bertugas membuatnya? Daini Seikosha dan Suwa (anak perusahaan Seiko yang memproduksi jam) mulai berdiskusi dibawah bimbingan induk perusahaan mereka: Seiko. Akhirnya disepakati bahwa Suwa akan memproduksi Grand Seiko (GS) pertama. Pada masa itu, sebagian besar jam pria diproduksi oleh Suwa dan jam perempuan diproduksi di pabrik Daini.

Berdasarkan review oleh Seiya, Movement GS cal.6146 ini merupakan salah satu the best GS automatic movement yang pernah dibuat oleh Seiko. Movement ini dikembangkan dari mesin automatic cal.61XX milik seiko5 yang telah dilakukan modifikasi dan uji kehandalan dan keakuratan. Dengan bph 36,000, jarum detik berjalan dengan sangat halus. Pada seri ini juga emblem di belakang bukan lagi bergambar singa tapi hanya tulisan Seiko GS.





1 comment:

Anonymous said...

Hallo, nama saya Budy...kebetulan ada temen yang nitipin jam tangan untuk dijuaal..... Seiko GS Cal. 9S54. Apakah Bapak tertarik?

Ada email yang bisa saya hubungi untuk mengirimkan pic-nya?
Saya dapat dihubungi di budy.gounawan@gmail.com

Thanks

Budy