Sunday, January 18, 2009

G-Shock GW-9200 "Riseman"

Terkadang saya merasa jenuh dengan jam-jam antik dan apabila ada penawaran jam antik yang bagus, saya beli dan kemudian hanya menjadi pajangan di koper jam saya karena malas untuk memakainya.

Saat berkunjung ke rekan penggemar jam antik dan pemilik blog arlojikuno, saya lihat malam itu dia pakai jam Suunto Vector yang baru saja datang dari US. Saya lihat, pegang dan amati jam digital itu ternyata unik juga selain karena ukurannya yang besar, juga karena feature jam yang banyak dan menarik. Kebetulan dia juga mau melepas beberapa buah Jam G-Shocknya. Karena tawaran itu, saya urung untuk pulang dan kembali masuk ke rumahnya untuk melihat G-shock yang hendak dilepas. Dan atas sarannya, saya diminta untuk mengambil tipe G-Shock yang terbaru yang dia dapat: G-Shock GW-9200 "The Riseman". Tipe Riseman pertama kali diluncurkan pada pertengahan tahun 90, dan kini diluncurkan kembali dengan penambahan fungsi yang lebih canggih.

Riseman edisi 'revisi' ini diluncurkan pertama kali pada 28 Juni 2008. jam ini diklaim sebagai salah satu jam digital paling akurat karena teknologi didalamnya merupakan multiband yang dapat menerima radio signal dari 6 region di dunia. Pada caseback terdapat logo Riseman berupa seekor naga.


Pada sisi sebelah kanan terdapat sensor berwarna merah. Tombol berwarna merah ini adalah sensor altimeter. Sedangkan tombol sebelah kiri adalah untuk sensor tekanan Barometer.

Salah satu hal yang saya sukai dari G-Shock ini adalah desain strap karetnya yang memiliki double holes dan berbentuk rata sehingga nyaman dipakai karena tidak menggelembung.
Berikut adalah data teknis dari The Riseman:
1. Solar Powered
2. Water resistant 200m (560 feet)
3. Feature Barometer, altimeter dan thermometer
4. Stopwatch 1/100 detik dan countdown timer
5. Worldtimer untuk 33 kota
6. 5 alarm harian dan 1 snooze alarm
7. dimensi 51mm x 48,8mm x 15,9mm dengan berat 60,9gr
Saya masih menikmati memakai G-shock ini karena sungguh berbeda sekali dari jam saya yang lain. Dan kini saya penasaran ingin mencari dan memiliki G-shock vintage dengan desain casing kotak yang sangat klasik. Hmmm...harus mulai hunting nih!

8 comments:

Anonymous said...

Nice watch, bos...
Btw, lo beli di mana & harganya brp skrg ya?

Sebulan terakhir gw hunting itu barang, ga ada yg ready stock.

Udh gitu penawaran yg ada harganya 2,3 jt.
Bener segitu ya?

Arif said...

Saya beli dari seorang kolektor G-Shock 1,4 juta. Harga pasaran mungkin sedikit dibawah 2 juta. tapi karena populasinya agak susah mungkin aja harga awal 2,3 juta pak...

Anonymous said...

menurut kalian ada ga si komunitas penggemar G-sHock??

thx ya

Riano Costacurta said...

Bos mau dilempar ga G-Shock Risemannya.... Hub gw ya 081546569100 thx bos

Buddy21 said...

boss mau tanya.. pernah dipake diving ke laut ga?? dia anti karat??
thanks buat infonya..
pingin beli neh... butuh saran.

Anonymous said...

lho, kolektor tp kok gak jeli ?
itu G-9200 bos, bukan GW-9200...

bedanya di atomic time keeping nya ( mengutip tulisan dari blog situ : teknologi didalamnya merupakan multiband yang dapat menerima radio signal dari 6 region di dunia)

@Buddy21: G-shock buat diving = frogman, tp kalo budget terbatas ya gulfman aja..

Anonymous said...

hy all, kmaren ane ru beli g9200, harga di pusat(juanda) kmaren 3,2...
bisa tolong kasih tau cara bersihinnya g? -masih new.b-

Agus said...

alhamdulilllah.. ane baru beli g9200 ms (militery). jam yg tangguh n fungsional. bersihinnya ya dicuci aja bos tipa minggu pakai brush sikat gigi yg halus n sabun cair bayi. jam ini tangguh kq..