Sunday, February 22, 2009

FORTIS Pilot Automatic Chronograph 35mm

Fortis dikenal sebagai salah satu jam bagi kegiatan aviasi bahkan juga sebagai jam resmi para kosmonot rusia. Sebenarnya saya bukanlah penggemar Fortis, namun ketika salah seorang penggemar jam teman baik saya meminta saya untuk memperbaiki sekaligus merawat jam ini saya langsung mengiyakan.


Penampilan jam ini menurut saya cukup sederhana dan tampilan sebagai jam penerbang begitu kental. Fortis mengeluarkan 2 jenis jam Pilot seperti ini dengan perbedaan pada diameter. Jam dalam koleksi saya ini berdiameter 35mm (ref 622) dan tipe yang lain berdiameter 40mm (ref 579) dengan ketebalan casing sama yaitu sekitar 16mm. Jadi dengan diameter 35mm dan tebal 16mm, tampilan jam jadi sedikit 'aneh' karena kelihatan tebal sekali.


Tali kulit jam ini merupakan salah satu tali kulit terbaik yang pernah saya lihat dan rasakan. Talinya tebal dan terasa kokoh dengan white stiching line yang mempertegas kesan sporty-nya. Mungkin ketebalan ini untuk menyiasati tebal casing agar masih tetap nyaman dipakai.

Casing terbuat dari steel dengan finishing brushed titanium sehingga tidak terlihat mengkilat dan menurut saya jam-jam militer dan pilot memang seharusnya berwarna demikian. Karena dimensinya yang kecil, jam ini jadi lebih sering dipakai istri...



3 comments:

Anonymous said...

saya binggung nawarnya brapa ya?
saya sih py uang 350rb, hehe maklum masih sekolah jadi pake ngumpulin uang jajan., keren jam tangganya mas.. apa lg saya suka yg berbau2 aviasi

Anonymous said...

Pak, apa jam ini ingin dijual? Kalau iya net berapa?
Thanks sebelumnya

Simon said...

kaca reflektif Fortis sangat rentan? Ceritanya begini, beli di Regent watch di Plaza Senayan, keesokan hari nya terlihat gores-gores. Lalu diganti. Eeeh sama juga. Apakah begitu rentanya reflektif Fortis? Atau ada sesuatu yg tidak bener pada kaca tsb?