Sunday, February 15, 2009

G-Shock Extreme Self Test!..

G-Shock memang jam yang didesain untuk menghadapi kondisi ekstrim yang dilengkapi dengan beberapa feature yang sangat membantu dalam sebuah petualangan atau olah raga. Dalam sebuah forum G-Shock, seorang G-shock collector mencoba melakukan self test terhadap jam G-Shock untuk membuktikan bahwa jam ini memang benar-benar kuat. Berikut adalah test yang dilakukan:

Jam G-Shock yang digunakan dalam test ini adalah seri DW 9052.


1. Test pertama jam didinginkan dalam freezer (es) selama 48 jam pada suhu -18 derajat Celcius.


2. Kemudian setelah dikeluarkan dari bongkahan es selama 2 hari, jam kemudian direbus dalam air mendidih 100 derajat C selama 10 menit.


3. Setelah direbus selama 10 menit, jam ini dilakukan test cyrogenic dengan ditaburi serbuk dengan suhu -65 derajat C.


4. Test berikutnya untuk menguji jam dalam menahan tekanan. Jam dimasukkan dalam sebuah alat yang memiliki tekanan 20 bar.



5. Jam kemudian dimasukkan dalam sebuah alat vacuum selama 24 jam.


6. Untuk menguji jam dalam berbagai posisi dan tekanan, maka jam dimasukkan ke dalam mesin cuci bersama dengan beberapa celana jeans. Kemudian mesin cuci ini dijalankan.


7. Untuk melihat ketahanan jam dalam menghadapi perubahan suhu yang ekstrim (lagi), jam dimasukkand alam sebuah kompartemen yang dapat di-adjust suhunya secara ekstrim secara bergantian. Test ini dilakukan 5 kali pengulangan.


8. Selama dalam masa test ini jam G-Shock sebagai sample tetap dikenakan untuk diving baik di kolam ataupun di ruang luar untuk melihat apakah ada pengaruh terhadap seal-seal jam yang dapat menyebabkan masuknya air.


9. Dan setelah beberapa kali lolos test, akhirnya pengujian diakhiri dengan uji ketahanan akan beban berat. Untuk menguji ini, jam G-Shock dilindas oleh mobil jip Range Rover dengan landasan keras. Setelah dilindas, jam diambil dan dilihat...ternyata masih utuh dan semua fungsi berjalan normal!...luar biasa!

5 comments:

new kid on the blog said...

thats why do i love g-shock. i have G-9000 black Mudman. i hope this is not my last g-shock. next target: Gulfman.

Ratu said...

Keren Oom Test nya...
Thumbup...

Anonymous said...

Wah gara2 baca artikel ini jadi beli G-Shock deh saya ;)

caironsik said...

mantap...!!!

caironsik said...

mantaps....!!!