Wednesday, December 30, 2009

2009 Year End Gift from My Wife!: G Shock DW6900 MS

Tanggal 30 Desember 2009, saat menjemput istri saya pulang dari kantor, dia memberikan tas plastik ini kepada saya. "hadiah akhir tahun.." katanya. Kalau lihat tas plastiknya saya sudah yakin ini pasti G Shock karena dia tahu kalau saya juga penggemar G shock. Dan ternyata benar! malah lebih dari ekspektasi saya sebelumnya..!


Entah kenapa saya merasa antusias dengan jam G shock walaupun untuk memakainya sangat jarang sekali, mungkin bisa sekali dalam beberapa bulan. Kesukaan saya terhadap G shock ditularkan oleh rekan sesama penggemar jam yang rumahnya dekat dengan rumah saya. Memang tidak semua jenis G shock saya koleksi, tapi tipe-tipe khusus atau yang unik saja. Seperti halnya yang satu ini: DW6900 MS (military inspired Series). Saya suka tipe MS ini karena penampilannya yang totally black matte (kecuali LCD), warna hitamnya doff dan bukan mengkilat. Casio memberikan warna ini untuk menguatkan kesan military look jam secara keseluruhan. Sebelumnya saya sudah memiliki seri DW5600 MS (klasik) dan Frogman Rusty in Black, namun karena saya lihat tipe Frogman sama sekali tidak nyaman saya pakai (saya juga belum PD pake jam segede Gaban gitu), akhirnya saya jual ke seorang rekan.

DW 6900MS ini mulai dipasarkan secara international pada 4 Februari 2009. Pada awalnya tipe ini dinamakan "Military Concept", kemudian berubah menjadi "G Force: Military Inspired" dan akhirnya berubah lagi menjadi "Military Inspired Series" dan disingkat dengan MS. Tipe DW 5600MS dan DW 6900MS mengadopsi finishing MBRE atau "Matte Black Red Eye" untuk desain dialnya, sedangkan LCD dibuat dengan finishing "stealthty negative display" dengan backdrop warna hitam dan bentuk angka digital yang terang. Kalau dilihat pada siang hari wajah G shock ini terlihat sangat hitam dan mungkin ini akan merepotkan kalau kita hendak melihat jam digitalnya.

Elemen desain pada wajah LCD menggunakan warna merah, padahal apabila lampu LCD dinyalakan warna yang terlihat adalah warna biru dan hijau. Eelemen warna merah ini ternyata pas dengan warna dominan yang black matte.


Semua komponen jam kecuali case back, berwarna hitam. Tang buckle jam ini juga berwarna hitam namun tidak matte melainkan glossy (mengkilat). Salah satu ciri khas G shock Military Series adalah pencantuman angka pada strapnya yang menggunakan model angka yang sering digunakan pada militer, Untuk DW6900 MS ini angka yang tercantum adalah 1289. Sampai saat menulis ini, saya tidak tahu apa makna angka yang berbeda pada strap seri Military Series.

Beberapa rekan yang membaca posting saya mengenai DW5600 MS menanyakan dimana bisa membeli jam G shock tipe ini karena banyak toko casio di jakarta didatangi untuk bisa membeli G Shock MS tapi jawabannya selalu tidak ada atau habis. Saya juga heran kenapa tipe ini tida semudah tipe lain yang populer seperti Master G dll. G shock DW5600 MS saya malah dapatkan di sebuah toko jam di Yogya, saya cari di agen Casio, kaskus dan toko-toko jam di Melawai dan pasar baru tetap saja tidak ada.



3 comments:

Unknown said...

utk pengetahuan ..nombor yg ade di band gshock anda iala no modul gshock itu.....tidak percaya? lihat caseback gshock anda...sama ngak?

Anonymous said...

Setuju...nomor pada strapnya menandakan seri mesin jam tersebut...coba lihat dibackcase ato dibuku manual..pasti sama...

Anonymous said...

saya tertarik dg DW5600MS. Saya berada di jogja, dimana saya bs mendapatkan jam tersebut di jogja (toko jam ny)dedges?

Mohon bantuannya.