Monday, December 21, 2009

ROLEX Thunderbird 1625 Ca.1968

Awalnya adalah sebuah rasa kehilangan karena salah satu jam kesayangan saya berpindah tangan dirawat oleh sesama penikmat jam antik. Jam itu adalah sebuah Rolex Thunderbird 6609 dengan dial putih dan dauphine hands (jarum model pedang). Ternyata untuk mendapatkan tipe yang sama atau setidaknya dengan desain yang sama sangatlah sulit. beberapa kali saya mendapatkan tipe thunderbird baik ref.6609 atau 1625 tapi tidak ada satupun yang mendekati penampilan 6609 saya dulu. Sampai akhirnya penantian dan pencarian saya berakhir kemarin siang.
Seorang sobat baik memperlihatkan jam ini dan berkata mungkin saya suka dengan jam ini. Thunderbird ini memiliki desain yang se-tipe dengan 6609 saya dulu, kecuali memang perbedaan prinsip karena beda tipe. Tapi warna dan auranya hampir sama. jam ini diproduksi pada kwartal ke-4 tahun 1968 dari ref.1625.


Kondisi dial secara umum masih baik, sedikit ada bercak yang baru terlihat apabila dilihat dengan menggunakan kaca pembesar. Hal yang wajar bagi sebuah jam yang berusia 41 tahun, lebih tua dari usia saya. jarum, indeks menggunakan material gold yang terlihat cantik dan serasi dengan dial putih tembok. Kondisi caseback dan casing dalam belum ada yang keropos, sebuah pertanda baik bahwa jam ini dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya. hanya terdapat bercak-bercak bekas seal yang mengering yang belum sempat dibersihkan, tapi it's ok lah..karena tidak berpengaruh terhadap kinerja movement dan penampilan luar.
Kalau dibandingkan dengan versi datejust seperti 1601 atau 1603, thunderbird memiliki aura yang berbeda, lebih klasik dan menarik. Mungkin itu karena pengaruh peletakan rotating bezel. Penggunaan bezel yang berputar ini juga menyebabkan dial dibuat lebih kecil. Karena itu, dial antara 1601 dan 1625 tidak bisa di-swap atau dipertukarkan karena pasti tidak fit di casing. kalau dial 1601 dimasukkan pada thunderbird akan kebesaran dan harus dikikir agar bisa fit-in. Sebaliknya, dial 1625 akan terasa longgar di casing 1601.

Walaupun sama-sama dari rumpun Datejust, seri thunderbird memiliki nilai lebih tinggi dari datejust biasa. Mungkin ini disebabkan karena thunderbird punya nilai 'cerita' sejarahnya pada saat Squadron Thunderbird memutuskan untuk menggunakan Rolex sebagai jam resmi mereka pada akhir tahun 50-an. Atau juga karena penampilan Thunderbird seperti 'perkawinan' antara dress wacth dan sport dari Rolex. yah apapun alasannya, saya akui Thunderbird memiliki aura yang lebih klasik, lebih berkelas dari tipe datejust biasa, jadi tidak heran kalau harga Thunderbird selalu lebih tinggi dan layak sekali untuk disimpan.

1 comment:

srixon said...

berminat nak beli jam ini berapakah maharnya?