Tuesday, June 5, 2007

For Sale: OMEGA Chronostop DRIVER (SOLD)


Ini adalah salah satu dari banyak desain Omega yang menarik dan unik. Omega yang saya tunjukkan ini masuk dalam "keluarga" Geneve Chronostop (karena ada juga Seamaster Chronostop) dan dikhususkan untuk pengemudi (Driver). Keunikannya adalah dari desain dialnya yang menyempal dari pakem jam tangan pada umumnya. Angka 12 pada jam ini diletakkan pada posisi angka 3 pada jam yang lazim. Posisi ini dibuat agar pada saat kita mengemudi, kita tidak perlu memutar pergelangan tangan untuk melihat jam karena jam ini digunakan di bawah pergelangan tangan (lihat gambar) dan bukan diatas seperti biasanya.

Chronostop memiliki 2 jenis movement yaitu cal.865 dan cal.920. Keduanya sama-sama manual movement 17 jewels dengan 21,600 BPH (beat per Hour). Bedanya adalah untuk cal.920 sudah dilengkapi dengan tanggal. Cal 865 dibuat pertama kali pada tahun 1966 dengan jumlah produksi sebanyak 124,000 buah. Sedangkan cal.920 dibuat 2 tahun kemudian (1968) dan hanya dibuat sebanyak 61.000 buah. Jadi secara keseluruhan jumlah Omega Chronostop yang dibuat adalah sebanyak 185,000 buah.

Untuk menjalankan fungsi chronograph pada jam ini sangat sederhana karena hanya tersedia 1 buah kenop untuk mengaktifkannya. Dengan menekan sekali, jarum chrono yang berwarna orange akan berjalan dan apabila ditekan sekali lagi, jarum tersebut akan kembali ke posisi 0. Jadi kalau anda ingin menghitung lebih dari 1 menit anda harus dibantu dengan hitungan manual.

Ada beberapa tipe Omega Chronostop, salah satunya juga pernah dimuat dalam blog ini yaitu Chronostop dengan tambahan fungsi penunjuk waktu GMT.

Asking Price: SOLD

No comments: