Thursday, November 22, 2007

SANDOZ Digital Jump Hour automatic (SOLD)

Pada era sebelum ditemukannya jam digital (LED dan LCD) pada pertengahan tahun 70-an, terdapat sebuah masa dimana desain jam sudah menyerupai penampilan sebuah jam digital yaitu hanya memperlihatkan angka dan tidak lagi menggunakan jarum sebagai penunjuk waktu. Karena itulah jam tipe ini disebut juga sebagai jam digital mekanikal karena keluar dalam 2 versi yaitu manual dan automatic winding.

Jam dalam koleksi saya ini dari merek Sandoz ber-movement automatic dari ETA, casing solid stainless steel dan cukup berat. Penampilan cukup aneh untuk sebuah jam (dan begitu juga desain jump hour lain). Terlihat hanya angka-angka, paling kiri merupakan penunjuk jam, berikutnya menit dan terakhir adalah detik. Disebit jump hour karena angka penunjuk jam akan melompat dan tidak bergeser seperti angka untuk menit dan detik. Angkanya pun cukup besar sehingga mudah dilihat.

Secara dimensi jam ini cukup besar dan sekaligus unik, namun butuh waktu untuk membiasakan diri melihat jam dengan desain seperti ini. Saya rasa tipe jam seperti ini perlu anda miliki setidaknya satu karena desain seperti ini merupakan salah satu penanda jaman dan sangat khas sekali. Bahkan saat ini banyak jam-jam untuk ABG kembali meniru desain jam-jam retro ini.

SOLD

No comments: