Wednesday, January 9, 2008

FAKE ROLEX 6694

Suatu hari salah seorang teman saya mendapatkan Rolex oysterdate 6694 diatas dengan warna dial biru tikar dan dalam kondisi yang Mint. Dengan harga wajar akhirnya Rolex tersebut dibeli.

Keanehan mulai terasa saat beberapa kali dipegang, diperhatikan dan dikenakan. Seperti ada yang tidak "pas", tidak sreg tapi tidak tahu apa yang salah dengan jam ini. Semua begitu bagus bahkan casing dalam kondisi belum pernah dipoles sehingga serat-seratnya masih jelas. Keanehan pertama teridentifikasi ketika dibuka case back terdapat tulisan IV.58 yang berarti jam ini diproduksi tahun 1958. Serial number yang terletak di areal antara 2 lugs juga di cek. Nomornya adalah 226XXXX yang berarti jam ini merupakan produksi tahun 60-an. Tidak klop!Awalnya kami beranggapan bahwa kemungkinan jam ini diganti casingnya dengan yang lebih baru karena sebab rusak atau apa.

Keanehan kedua, ketika rantai oysternya coba dipasangkan di jam 6694 yang lain, ternyata satu sisi tidak pas padahal jenis jam-nya sama. Aneh lagi!

Keanehan ketiga, case back jam ini terasa lebih cembung ketika dipegang, padahal mestinya sedikit rata karena movement jam ini manual..

Atas bantuan seorang rekan yang memang mahir soal Rolex, kami diberitahu bahwa jam ini adalah buatan vietnam. Mesin asli cal.1225 namun casing, rantai, dial dan jarum semua buatan Vietnam. Memang tidak semua orang bisa mengenali buatan Vietnam ini. Teman saya tersebut bisa tahu karena si pembuat sendiri pernah datang dan menawarkan barang-barang seperti ini.

Berikut adalah hasil penjelasan detil untuk mengenalinya:

A. Rolex buatan vietnam ini seringkali tidak detail dalam pembuatannya. Pada panah A kalau dilihat dengan kaca pembesar akan terlihat hasil pemotongan logam yang tidak sempurna. Pada kasus jam ini masih terdapat sisa logam yang kecil sekali. Tidak mungkin perusahaan sekaliber Rolex tidak teliti dalam membuat casing kan?

B. Pada bagian ini terdapat bekas gesekan logam yang diperkirakan sebagai bekas jepitan logam ketika mereka membubut casing ini. Bekas ini bukan seperti bekas rantai karena letaknya tidak sesuai. Nah kalau ini masih bisa dilihat dengan mata telanjang, tapi anda harus buka dulu rantainya.

C. Posisi crown tidak bisa nempel dengan casing. Seharusnya tidak ada celah antara 2 bagian ini.

Untuk bisa mengetahui dan mengenali jam-jam asli tapi palsu ini butuh kecermatan. memang kalau anda sudah sering melihat dan memegang Rolex asli akan bisa tahu secara feeling bahwa ini asli atau palsu. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, jam-jam sekaliber Rolex punya aura yang tidak bisa dimilki oleh jam-jam replika sebagus apapun. Tentu untuk bisa mengenali aura tersebut butuh pengalaman dan jam terbang yang banyak.

Karena itu, tetap berhati-hatilah setiap kali membeli jam, apapun mereknya. Gunakan kejelian dan feeling anda, dan yang lebih penting lagi belilah di tempat yang anda percayai.

1 comment:

reza said...

Saya setuju sekali bahwa cara paling aman untuk menghindari "kejeblos" dengan jam palsu adalah dengan membeli di tempat yang kita percayai. Selama ini saya selalu berprinsip BUY THE SELLER, NOT THE WATCH.