Sunday, March 23, 2008

JOLUS Military watch from 1940s (SOLD)

Seorang laki-laki tua yang saya temui di sebuah kios terlihat menggunakan jam ini. Dari desain dan penampilannya jam ini diyakini sudah tua sekali usianya. Desainnya yang khas military dan warnanya yang seperti warna salmon membuat saya semakin penasaran.

Dikatakan bahwa jam ini pemberian dari ayahnya waktu dia kelas 1 Sekolah Rakyat di Makassar pada awal tahun 50-an. Bapaknya kebetulan adalah seorang tukang jam disana dan waktu itu jam ini diberikan bukan dalam keadaan baru.

Merek jam ini tidak pernah terdengar: JOLUS, dengan tulisan model italic. Movement yang digunakan dipasok oleh WYLER (sampai saat ini merek ini masih ada) dengan manual winding 17 jewels. Desainnya sangat military look, dengan penggunaan arabic number dan jarum serupa dengan jam-jam military. Warna dial agak sulit ditebak karena faktor usia tidak jelas warna asli dari dial ini, namun kelihatan berwarna salmon.

Casing jam ini adalah base metal dengan case back dari stainless steel. Ukuran tanggung 33mm dan mungkin trend pada tahun itu adalah ukuran seperti ini. Pada dial tertulis Shock Protected, waterproof dan antimagnetic. Sebuah website yang menjual jam-jam antik menyebutkan bahwa jam Jolus ini diproduksi pada tahun 40-an. Setelah ngobrol-ngobrol saya katakan ingin meminang si Jolus ini. Ternyata dia mengiyakan dan setelah saya beli, langsung saya pasangkan dengan nato strap warna hijau lumut. Dan hasilnya? aura military sangat kuat memancar!

No comments: