Sunday, March 23, 2008

My Brand New Seiko Diver

Libur panjang kemarin saya bersama dengan salah satu rekan penggemar jam antik mengunjungi suatu tempat untuk mereparasi jam kesayangannya: Omega Speedy 861. Saat itu saya hanya bermaksud menemani sekaligus "cuci mata" mumpung liburan.

Setelah sesampainya di tempat tersebut ternyata si empu service belum datang dan akhirnya kami lanjutkan dengan berjalan-jalan. Di sebuah tempat langganan, kami mampir sebentar untuk sekedar melihat-lihat koleksi-koleksi mereka. Saat itu mata saya terpaku pada salah satu jam yang digantung di etalase. Bentuknya yang besar dan menarik perhatian saya karena desainnya mirip dengan jam diver milik Jaeger.

Begitu sampai di tangan, saya langsung jatuh cinta pada penampilan dan bentuknya. Saya sebenarnya (entah kenapa) "alergi" dengan segala hal yang berbau "SEIKO 5", tapi untuk jam ini saya akan buat pengecualian :-).

Seiko ini tipe Seiko 5 Sports dengan kode produk SNZE95K1 yang merupakan product line Diver 100 meter. Yang membuat saya semakin suka adalah movement yang digunakan adalah automatic movement cal.7S36B. Caliber Seiko dengan tambahan huruf "B" diyakini sebagai hasil dari upgrade movement.
Dari sebuah review di sebuah forum Seiko, dijelaskan perbedaan antara varian caliber B dan yang bukan. Movement dengan B caliber memliki perubahan pada mekanisme balance dan pengaruhnya pada pergerakan movement adalah menjadi lebih baik dan akurasi yang lebih tinggi. Perubahan juga terdapat pada perubahan material untuk mainspring. Mainspring pada B caliber menggunakan bahan baru yang juga digunakan pada tipe Seiko Spring Drive. Tipe ini juga menggunakan case back transparan sehingga kita bisa melihat caliber 7s36B bekerja.

Ukuran jam ini adalah 42mm tidak termasuk crown, dengan ketebalan jam 13mm. Sekilas kalau lihat desain bezelnya mirip dengan Seiko Monster namun lebih "halus". Desain dial dual tone, pinggir dial berwarna abu-abu tua dan selebihnya berwarna hitam. Jarum mirip dengan yang digunakan pada seri Diver SKX007 dan hanya berbeda di ujung jarum detik yang berwarna merah. Sistem crown berulir dan tidak menganut sistem screw in.
Jam ini "fresh from the oven" karena diproduksi pada akhir periode 2007 dan masuk ke Indonesia bulan ini. Dijual dengan menggunakan tali karet seiko dan saya belum pernah lihat yang menggunakan bracelet (rantai). Karena saya bukan penggemar tali karet akhirnya si empunya toko memberikan saya tali kulit berwarna coklat tua. Seiko ini terlihat sangat maskulin dan gagah saat dikenakan, tapi sebetulnya itu karena yang pakai juga lebih gagah.. :-)

No comments: