Monday, November 10, 2008

FAQ Rolex

Seringkali saya mendapatkan pertanyaan baik melalui sms, telepon ataupun email mengenai segala hal tentang Rolex. Dari sekian banyak pertanyaan itu saya coba sarikan jawabannya dalam FAQ ini. Semoga sedikit banyak bisa membantu anda dalam memahami Rolex.


Bagaimana saya tahu bahwa Rolex saya asli?

Apabila anda adalah member dalam sebuah forum Rolex, anda bisa menanyakan kepada mereka dengan me-posting gambar Rolex anda. Hal lain yang anda bisa lakukan adalah dengan menanyakan kepada orang-orang yang memang paham dengan jam Rolex. Dan cara yang paling aman adalah dengan membawa jam anda ke Rolex Service Center. Tentu saja untuk ini anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mendapat kepastian “ya pak, ini Rolex asli” atau sebaliknya.

Mesin Rolex umumnya berbeda dengan mesin jam merek lain terutama bila dibandingkan dengan yang palsu. Namun saat ini banyak beredar jam Rolex ‘frankenwatch’ yang menggunakan mesin Rolex asli namun casing, dial, jarum dan hal lainnya adalah palsu. Frankenwatch terutama dibuat untuk tipe-tipe Rolex yang hot item seperti submariner, sea dweller, buble back dll.


Dimana saya bisa tahu model Rolex saya dan serial numbernya?

Nomor yang menunjukkan Model digrafir di bagian lug atas (posisi angka 12) dan untuk melihatnya harus membuka rantai terlebih dahulu.Serial number digrafir di lug bagian bawah (posisi angka 6)
Angka yang tercetak di rantai dan end links adalah kode untuk part number dan bukan serial number.


Apa maksud dari ‘T Swiss Made T’? Dan apa pula arti dari ‘Swiss Made T<25’?>

Huruf "T" yang sering kita lihat berada di bawah posisi angka 6 sebuah dial Rolex berarti bahwa jam tersebut menggunakan tritium sebagai bahan yang bisa terlihat dalam gelap. Tritium adalah bahan radioactive rendah dan membuat material yang dilapisinya dapat bersinar secara kontinu selama beberapa tahun. Usia Tritium sekitar 12,5 tahun Tritium's half-life is 12.5 years. Bahan Tritium ini tidak berbahaya bagi manusia.

T Swiss Made T adalah tritium paling tua yang digunakan pada dial. Rolex mengurangi jumlah material radioactive dibawah 25 millicuries, dan untuk jam-jam yang menggunakan-nya menuliskan Swiss Made T<25>

Apa perbedaan antara Tipe DateJust dan Date?

Ukuran. Datejust berukuran 36mm,dan Date 34mm, tidak termasuk kenop (crown). Tipe Date hanya menggunakan rantai jenis Oyster, dan tipe DateJust bisa menggunakan rantai Oyster atau jenis Jubilee. Harga DateJust biasanya lebih mahal dari tipe Date. Kedua tipe ini menggunakan jenis movement yang sama.


Apa hubungan antara Tudor dan Rolex?
Merek:
Rolex memiliki merek Tudor an diposisikan sebagai 2nd brand yang mengisi pasar dibawah Rolex. Secara tradisional, Tudor merupakan ‘virtual clones’ dari desain-desain Rolex, dari tipe Submariner, Day-Dates (diberi nama Tudor Date-Day), Oyster Prince DateJust. Tudor juga memiliki desain yang berbeda dengan Rolex seperti tipe Mini-Sub dan Tiger Chronograph. Beberapa tahun terakhir, Tudor memutuskan untuk keluar dari desain-desain tradisional Rolex dan membangun desain sendiri yang berbeda dan unik. Tiger Woods adalah ambassador untuk brand Tudor pada akhir 90-an dengan keluarnya tipe Tiger Chronograph.

Casing:
Tudors menggunakan casing Oyster dari Rolex. Caseback Tudor, tidak seperti sebagian jenis Rolex (kecuali SeaDweller), digrafir dengan nama Rolex. Juga, banyak jam Tudor menggunakan crown berlogo Rolex. Tudor menggunakan jenis baja stainless 316L dan Rolex menggunakan baja tipe 904.

Movement:

Jam-jam Tudor tidak menggunakan movement Rolex. Tudor menggunakan movement dari ETA.

Kolektibilitas:

Karena menjadi bagian dari keluarga Rolex, Tudor mendapat apresiasi yang lebih tinggi dari jam-jam merek lain yang sama-sama menggunakan movement dari ETA. Terutama jenis-jenis Tudor sport vintage (subs). Beberapa jenis Tudor untuk keperluan militer dan jenis-jenis tertentu (alarm, Subs dan chronograph) diyakini sangat kolektibel. Tudor dengan logo bunga mawar diyakini juga lebih kolektibel dari Tudor ber-logo tameng. Tudor dengan jenis jarum jam militer juga lebih kolektibel dari jenis jarum jam model Mercedes.


Apa tipe baja yang digunakan oleh Rolex?

Sebagian besar produsen jam menggunakan baja tipe 1.4435 atau 316L. Rolex menggunakan stainless steel model 1.4439 atau 904L yang secara kualitas nyata bedanya. Baja tipe 904L dan 316L memiliki derajat kekerasan yang sama. Kandungan nickel pada tipe 904L lebih tinggi dan secara teknis lebih tahan karat. Hampir tidak ada pabrikan jam kecuali Rolex yang mau menggunakan baja tipe ini karena secara harga tipe 904L 3 kali lebih mahal dari tipe 316L.


Mengapa ada tipe Rolex ‘President’?

Nama "President" digunakan untuk menghormati Dwight D. Eisenhower (DDE) yang menggunakan untuk pertama kalinya Rolex dengan tipe rantai yang baru pada tahun 1956 saat diperkenalkan ke public. Rolex memberikan kepada DDE (Winston Churchill juga) sebuah Rolex 18K DateJust (bukan Day-Date) pada tahun 1946 untuk merayakan kemenangan pada World War-2 dan ketika dikirimkan ke Rolex untuk di service tahun 1956, Rolex memasangkan rantai jenis baru ini di Rolex DDE. Karena itulah dinamakan ‘President’. Rolex Day-Date seringkali disebut sebagai Rolex "President", tapi sebenarnya sebutan itu untuk menyebut jenis rantainya.


Apa arti kata "Perpetual" pada dial Rolex?

"Perpetual" adalah sebutan Rolex untuk menyebutkan jam Rolex dengan berpenggerak mesin automatic atau self-winding.

1 comment:

fashion88.blogspot.com said...

DANA TUNAI 10 - 200 JUTA
ANDA BUTUH DANA TUNAI 2 HINGGA 200 JUTA,PROSES CEPAT BUNGA MULAI 0,72% PERTAHUN,CUKUP JAMINKAN BPKB MOBIL,TRUCK,TRAVEL,JEEP,SEDAN,PICK UP,COLT MULAI TAHUN 90 KE ATAS LEASING RESMI BPKAB AMAN DAN TERJAMIN,PERSYARATAN BAWA FOTOCOPY NYA KTP,KK,REK LISTRIK,STNK,BPKB
VIA SMS 085229348635 DAN 085876764880 RULLY
KANTOR CITRA MANDIRI MULTI FINANCE Jl Puri Anjasmoro Bl F-12, Semarang , Jawa Tengah, 50144, Indonesia info FB citramultifinance@gmail.com, herbalmodern.blogspot.com