Sunday, November 23, 2008

Top 5 Omega Vintage to Invest

Omega mendirikan sebuah toko yang khusus yang menjual jam-jam vintage Omega. Bekerja sama dengan seorang agen jam Omega di London bernama George Somlo., Omega mendirikan toko satu-satunya khusus untuk Omega vintage ini di Burlington arcade, London.

George sebagai seorang yang lama mendalami bisnis jual beli jam memberikan pendapat mengenai tipe-tipe jam Omega yang memiliki nilai investasi:


OMEGA SEAMASTER 300 DIVER

Seamaster diperkenalkan pertama kali pada tahun 1948. Seamaster 300 didesain khusus untuk para penyelam professional maupun amatir. Jam ini merupakan salah satu instrument dengan presisi yang tinggi. Menggunakan automatic movement, antimagnetic dan shock protected. Omega menjamin bahwa jam ini masih bisa dipakai untuk menyelam sedalam 200m. Para penyelam di angkatan laut Inggris juga menggunakan jam ini dalam tugasnya.


OMEGA SPEEDMASTER

Speedmaster merupakan tipe jam chronograph yang paling terkenal dan dikenal di seluruh dunia. Cerita bermula sejak tahun 1965 ketika NASA pada saat itu menyertakan Omega Speedmaster dalam uji untuk menentukan penunjuk waktu apa yang akan digunakan oleh astronot selama mereka di angkasa. Sampai akhirnya Neil Armstrong menjejakkan kakinya di bulan dengan membawa Speedmaster di tangannya. Karena itulah Speedmaster ini sering disebut sebagai ’The moonwatch’. Namun tidak semua Speedmaster kolektibel. Beberapa disebut kolektibel adalah Speedmaster dengan cal.321 dan cal.861 pre moon. Caliber 861 ini digunakan terus oleh Omega sampai awal tahun 90-an.

OMEGA SEAMASTER ‘PLOPROF’ 600m DIVER
Jam ini dibuat untuk mampu mengarungi kondisi ekstrim di kedalaman laut. Ploprof juga didesain untuk menguji kekuatan fisik dan psikologis manusia di kedalaman 500m. Pada jaman itu jam ini merupakan bukti kehandalan dan kecanggihan sebuah instrument mekanik bagi kaum penyelam professional. Komandan Jacques-Yves Cousteau selalu terlihat mengenakan jam ini saat ekspedisi laut dalamnya di Marseille. Seamaster ini dibentuk dari satu bongkahan baja dan memiliki system pengunci twin-locking.


OMEGA FLIGHTMASTER

Diperkenalkan pertama kali ke public tahun 1969, Flightmaster didesain dengan melihat kebutuhan seorang pilot. Jam ini lebih merupakan sebuah tools yang memiliki beberapa fungsi alat ukur seperti 30 minute recorder, 12 hour recorder, 24 hour indication dan fungsi penunjuk second time zone yang dapat diubah secara manual. Casing juga sangat unik dengan desain yang mirip dengan bentuk sebuah gunung karena itu disebut sebagai Volcano case.


OMEGA CONSTELLATION

Sejak diluncurkan pertama kali tahun 1952, Constellation menjadi sebuah standar baru bagi kategori jam ‘mewah’ bagi Omega. Menggunakan high grade movement yang sangat presisi dengan sertifikat Chronometer. Desain yang sangat klasik menjadikan Constellation antic menjadis sangat dicari. Pada tahun 50-an akhir hingga 60-an, Constellation mampu mengalahkan Rolex dalam banyaknya jumlah jam yang mendapatkan lolos uji dan mendapatkan sertifikat COSC. Mengingat sejarahnya yang gemilang dan kualitas pembuatan yang setingkat lebih tinggi dari Omega tipe lain, tidak heran kalau harga Constellation lebih tinggi dari tipe omega dress watch tipe lain.

3 comments:

silverant said...

Pak, saya punya jam tangan Omega Constellation C, kalo dilihat dari situsnya Omega, katanya dibuat sekitar tahun 64.

Sayangnya kayaknya sudah agak lemah, sekali 'digoyang-goyang' dia hanya bisa bertahan 22 jam :(

Saya pengin mereparasinya tapi takut kalo biayanya muahal...

Bapak punya pengalaman reparasi Omega seperti ini belum Pak ? Kira2 biayanya berapa ya ? Soalnya saya masih suka banget dengan jam ini... merasa kagum aja, jam setua ini masih bisa jalan :)

Thanks ya Pak :)

Arif said...

Untuk bisa mengetahui mahal tidaknya biaya service perlu diketahui dulu jenis kerusakannya. Akan jadi mahal (sampai ratusan ribu) kalau ada kerusakan parts yang harus diganti. Kalau menurut saya, jam bapak hanya perlu service saja karena toh jam-nya masih bisa jalan. Coba kunjungi toko jam Interwatch di Melawai Plaza untuk melakukan service..

selamat mencoba..karena Omega bapak perlu diselamatkan.. :-)

zufrizalyordan said...

ternyata ada juga yang suka Omega klasik.. saya punya Constellation sama DeVille. ;)