Saturday, November 8, 2008

TITONI Ring Star: Alarm manual winding

Sabtu pagi ini saya bertemu dan ngobrol dengan seorang bapak penggemar jam antik yang saya kenal lewat telepon. Pertemuan pagi itu terjadi di kedai J-CO giant Bekasi karena sang bapak harus segera pergi ke Cibubur. Dari obrolan sebelumnya beliau akan membawa beberapa koleksinya yang ingin dilepas.

Dari 4 koleksinya yang dibawa, mata saya tertuju pada jam ini: TITONI alarm dengan nama RING STAR. Saya tidak pernah melihat jam seperti ini, teman-teman yang sudah lama main jam juga bilang bahwa mereka tidak pernah melihat tipe ini.

Jam ini penampilannya sederhana dan dalam kondisi yang masih sangat mulus. Alarm juga berbunyi kencang. Diameter tidak begitu besar dan tebal. Diameter sekitar 36mm sehingga jam ini sepintas seperti jam Titoni kebanyakan. Kenop 2 buah itulah yang menandakan bahwa jam ini adalah jam mekanikal alarm.

Tombol atas bertuliskan A yang berguna untuk mengisi tenaga alarm dan memindahkan jarum tempat alarm berbunyi. Jarum alarm berbentuk sederhana saja dengan ujung panah berwarna merah. Indeks berbentuk balok dan antara indeks ada angka-angka 15, 30, 45 untuk menunjukkan waktu menit saat alarm berbunyi.

Caseback dibuat unik yaitu 2 buah. Satu caseback yang tengah berguna untuk menutup movement dan caseback itu dikunci oleh 'ring' pengunci berbentuk seperti gelang. Rantai model beras masih original Titoni. Tipe rantai seperti ini banyak digunakan oleh jam-jam keluaran tahun 50 dan 60-an.

Mika jam ini masih original dengan inner magnifier. Dial berwarna silver senada dengan warna jarum yang menggunakan desain dauphine hands. Movement manual winding dengan kondisi yang masih sangat mulus. Sayang saya tidak sempat foto mesinnya.

3 comments:

riana said...

titoni yang ini berapa harga nya pak saya berminat juga.beri harga dengan nilai RM TQ

Anonymous said...

berapa harga nya
saya berminat ni
ini emel saya
da_luv6627@yahoo.com

Abdul Hakim said...

berapa harganya pak?
saya beminat ni