Thursday, February 4, 2010

SEIKO Lord Marvel 36,000 bph. Rare!

Saya teringat sekitar hampir 5 tahun lalu saat pertama kali saya melihat Seiko Lord Marvel. Saat itu saya bersama rekan sehobi mengunjungi seorang pengepul jam. Saat itulah saya meihat sebuah jam Seiko antik yang desainnya begitu sederhana, namun dibuat dengan sangat baik dari segi proporsi dan estetika. Namanya Lord Marvel. Walaupun kondisi jam Lord Marvel saat itu tidaklah begitu mulus, tapi dari auranya saya merasa bahwa ini jam bagus. Dan akhirnya saat itu, Agen M yang pergi bersama saat itu membeli lord marvel tersebut. Saat ini jam Lord Marvel yang pertama kali saya lihat sudah berpindah tangan ke rekan sesama hobi jam antik juga. Seiko Lord Marvel kedua yang saya lihat adalah milik rekan sehobi dari Bandung yang sengaja membeli jam itu lewat ebay. Kondisinya luar biasa, mendekati New Old Stock. jam tersebut sudah saya tampilkan dalam posting saya sebelumnya mengenai GTG di Bandung. Saya tdak menyanka kalau siang ini saya akirnya melihat Lord Marvel ketiga selama saya menggeluti dunia horologi sejak tahun 1997, dan akhirya Lord Marvel ini bisa saya miliki!

Seiko Lord Marvel adalah salah satu tipe high-end dari Seiko yang memiliki movement setara Grand Seiko, yaitu 36,000 bph. Lord Matic juga merupakan jam high-end Seiko pertama kali yang dibuat sebelum Seiko meluncurkan tipe Grand Seiko dan King Seiko. Kemudian Seiko tetap memproduksi tipe ini sampai tahun 70-an dengan tidak melakukan banyak perubahan, kecuali pada movement dan variasi dial. Lord Matic yang saya miliki ini diproduksi Bulan Februari 1970. Sama dengan tahun kelahiran saya!!

Seiko ini menampilkan desain jam tangan kelas premium: desain casing sangat klasik dengan diameter 36mm tanpa crown. Bentuk crown yang lebar serta selalu tidak diberi tulisan Seiko (un-signed), entah kenapa semua Seiko Lord marvel memiliki crown yang polos seperti ini. Jarum model pedang yang serpa dengan yang digunakan pada Grand dan King Seiko. Desain dial terkesan bersahaja dan bersih. Indeks pada jam ini berbentuk balok yang diberi elemen hitam, sehingga senada dengan variasi pada jarum jam.

Seiko tidak membuat gold medallion pada caseback seperti yang mereka terapkan pada Grand dan King Seiko, padahal jam ini digolongkan pada jam-jam high end Seiko. Dan apakah karena sebab ini atau bukan, harga Lord Marvel memang idak pernah bisa semahal Grand atau King Seiko. Konstruksi case back juga terlihat kokoh. Kalau saja Seiko memuat gold medallion pada setiap caseback Lord marvel maka penampilan jam ini akan lebih terlihat berkelas.

Saya sudah bisa menebak kalau kondisi movement pasti sebagus dan semulus dial-nya, dan ternyata benar! kondisi manual movement cal 5740 dalam kondisi yang bersih dan mulus. Padahal jam ini sudah berumur hampir 40 tahun! Cal.5740 merupakan high-beat manual movement yang menggunakan 23 jewels. Gambar dibawah menunjukkan desain crown yang sederhana dan un-signed serta berdiameter cukup lebar ntuk sebuah jam manual winding.

Sangat sulit untuk bisa menemukan sebuah Lord Marvel apalagi dalam kondisi yang masih bersih dan segar seperti ini. Penampilan yang bersahaja dan performance movement yang sangat baik dan akurat membuat jam ini sangat layak untuk disimpan.

No comments: