Wednesday, February 3, 2010

ROLEX Thunderbird Ref.1625 Black matte Dial

Saya termasuk penggemar Rolex tipe Thunderbird karena bagi saya desain Thunderbird (sekarang dikenal dengan Turn-O-Graph) merupakan kombinasi antara desain dress watch Rolex dan tipe sport. Bagi orang yang belum bisa membeli Rolex vintage sport, biasanya membeli tipe ini sebagai 'jembatan' sebelum meng-akuisisi tipe sport seperti Submariner, GMT dan Explorer. Setelah beberapa kali menjual tipe Thunderbird dan tanpa sekalipun berusaha 'serius' untuk mencoba mengumpulkan semua jenis Thunderbird, saya kemudian berusaha mengumpulkan 'amunisi' untuk membeli, pasang mata dan telinga kalau-kalau ada yang menjual koleksi Thunderbird-nya. Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan melakukan buy-back, membeli kembali thunderbird yang pernah saya jual ke rekan lain sesama penggemar jam antik. Salah satunya adalah ini: Thunderbird Ref.1625 yang diproduksi tahun 70-an. Keunikan 1625 ini adalah karena kombinasi elemen gold dan black matte dial sehingga terlihat sangat kontras. Dan memang banyak yang mengatakan kalau thunderbird berwarna black matte populasinya lebih sedikit dari yang tipe dial putih dan kuning.


Jam ini dilengkapi dengan rantai jubille kombinasi. Kondisi rantai sudah tidak begitu kencang karena mungkin faktor pemakaian dan usia. Kondisi rotating bezel masih sangat baik dan angka-angka yang terdapat pada bezel masih bagus. Bezel ini sebenarnya adalah 'nyawa' dari sebuah Thunderbird, karena selain merupakan ciri utama dari tipe ini, bezel yang rusak akan susah mencari gantinya dan harganya yang mahal. Rolex sendiri sudah tidak lagi memproduksi bezel seperti ini. Kondisi mika masih bagus dan original, ini bisa dilihat dari pembesaran angka tanggal pada magnifier mika.

Movement Cal.1570 masih terlihat bersih dan akurasi yang terjaga serta power reserve yang masih baik. rata-rata jam Rolex yang saya temui masih memiliki movement yang kondisinya masih bagus, ini menandakan kalau jam-jam tersebut dipelihara dengan baik oleh pemiliknya.
Menurut saya (ini pendapat pribadi), sebuah thunderbird akan terlihat lebih menarik dan klasik kalau dipasangkan dengan strap kulit. Di beberapa buku lelang jam yang saya miliki banyak tipe thunderbird yang dilelang selalu menggunakan tali kulit dan bukan rantai. Aura-nya akan berbeda dengan saat digabungkan dengan rantai. Seperti gambar di bawah ini, penampilan thunderbird saya menjadi lebih sporty dan sekaligus elegan.




No comments: