Monday, August 20, 2007

For Sale: West End Watch British Military Automatic (SOLD)


Orang lebih mengenal jam West End Watch ini sebagai jam militer Civil version untuk para prajurit Inggris yang bertugas di India. Jam ini merupakan versi Sowar Prima automatik dengan fungsi tanggal. Kata Sowar dalam bahasa Hindi artinya adalah Pahlawan dan mulai digunakan sebagai salah satu seri West End Watch sejak tahun 1935.

West end Watch merupakan perusahaan jam yang tergolong tua. Bermula pada tahun 1886 sebuah perusahaan jam tak bernama dibeli oleh Messrs Droz dan Arnstutz. Kemudian pada tahun 1917, mereka membuat sebuah holding company untuk perusahaan jam tersebut di Swiss. Selama perang dunia I, pasukan Inggris dikirim ke Teluk Persia melalui Bombay. Mereka membeli ribuan jam West End Watch ini dan disebarkan kepada prajurit mereka di Timur Jauh. Bahkan tokoh legendaris Lawrence of Arabia juga membeli jam ini sebagai teman petualangannya.
Karena digunakan secara resmi oleh Pemerintah Inggris, maka di setiap jam West End Watch terdapat lambang broad arrow di case back beserta nomor register dari jam tersebut. Jam West End Watch yang saya miliki memiliki no register K-4289 4621. Jam ini memiliki dial face berwarna putih yang dikombinasikan dengan arabic number (angka) berwarna kehijauan. Dial hands bentuknya unik yang nerupakan ciri khas jam militer dengan penggunaan jarum detik berwarna merah. Sangat unik! Pada tahun 60-an, West End Watch juga merupakan jam resmi bagi pasukan Yordania dan Australia.
Keunikan lain yang tidak pernah saya dapati dalam jam militer lain adalah posisi tanggal yang terletak di angka 6. Kaca masih original dengan inner magnifiier (pembesaran di sisi dalam kaca) berbentuk bulat. Apabila case back dibuka akan kita lihat plat anti-magnetic yang melindungi jam ini dari bahaya magnet.

West End Watch bukanlah jam kategori mewah dan mahal. Namun akhir-akhir ini semakin sulit untuk bisa mendapatkan sebuah West End Watch yang dalam kondisi mulus. Perlu kiranya buat anda untuk juga mendapatkan satu jam West End Watch dalam koleksi anda, karena jam ini unik dan memiliki sejarah yang menarik.
Asking Price Rp.500,000

1 comment:

Anonymous said...

Mohon maaf, yg ini masih ada asking price nya... apakah masih ada dan belum terjual?

Nurman