Tuesday, January 22, 2008

EBEL Napoleon automatic chronometer (SOLD)

Saya rasa sebagian besar dari anda tidak akan tertarik dengan penampilan jam ini. Sayapun begitu pada awalnya karena penampilan yang kotor dan tidak terawat. Namun setelah saya cermati ternyata jam ini adalah EBEL.

EBEL ini bertuliskan Napoleon yang terletak diatas angka 6. Jam ini merupakan jam automatic dengan movement bersertifikat chronometer cal.214. Memiliki bezel yang terbuat dari white gold serupa dengan Rolex datejust pada umumnya.

Bandul movement ternyata "tidak kalah kotornya" dengan kondisi dial. Namun movement di bawahnya masih terlihat bersih dan berjalan baik. Bila dilihat dari desainnya, kemungkinan jam ini diproduksi akhir tahun 60-an atau tahun 70-an.

Jam ini saya posting di forum timezone untuk meminta info jam EBEL ini, dan berikut adalah komentar-komentar mereka:

"Thats a good Ebel watch. Have come across this model only once. Not very common. If I were you I would NEVER redial that watch.."

"You have a great looking Ebel. Sometimes the dial staining was caused by nicotine. I wouldn't try cleaninig it yourself, although some people have been successful. Many people leave dials as is, other prefer to redial. The option is up to you. The redial process is not expensive and there are a few companies that do great work I have attached a photo of my Ebel. The dial is origional. There is a patina, but is very even. There aren't too many vintage Ebels around. Enjoy your new watch Regards Don."

Kalau dilihat dari komentar-komentar diatas, mereka menganggap bahwa EBEL vintage adalah sesuatu yang unik dan (mungkin) langka karena tidak banyak beredar (entah karena memang sedikit diproduksi atau banyak yang tidak mau menjual). Bagi mereka kondisi dial tidak masalah sejauh itu memang masih original dan masih bisa dinikmati. Nah ini berbeda dengan sebagian besar kita yang masih banyak mengidolakan kemulusan dial.

SOLD

2 comments:

Anonymous said...

hi! saya antara peminat jam lama/kuno dari Malaysia. & saya kagum dengan koleksi yang bapak ada. Cuma mau nanya, ebel ini mau jual ngak? berapa harganya, kok kalau mau dijual.

saya amat tertarik dgn jam-jam yang kotor dailnya. nampak cantik dengan caranya yang tersendiri.

saya azlan muhammad, dari Kelantan, Malaysia. Didalam koleksi saya sekarang, Rolex Oyster Royal 1950an, Omega 1960an, Titoni 1940an, Rolex Date Perpetual 1973, Oris. Yang telah saya jual, Movado triple date & Zodiac moon phase. Semuanya jam lama

salam perkenalan.

ARIF YULIANTO said...

Silahkan Pak Azlan hubungi email saya di acing2000@yahoo.com untuk detailnya. Terima kasih