Sunday, May 17, 2009

Amazing collection!

Suatu hari saya berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan salah satu kolektor jam di Jakarta (yang tidak mau disebutkan namanya) dan merupakan pelanggan tetap blog http://jualanjam.blogspot.com. Mumpung ketemu, saya mohon ijin untuk boleh melihat dan mendokumentasikan koleksi-koleksinya. Saya bertemu di apartemen beliau jadi tidak semua koleksi bisa saya lihat karena koleksi-koleksi yang sering dipakai lebih banyak disimpan di rumahnya yang masih terletak di satu kawasan.

Awalnya beliau mengumpulkan jam dari merek-merek yang 'biasa' seperti Raymond Weil, Ebel, Tag heuer versi2 lama, Omega dan merek-merek fashion lainnya. Suatu hari, saya dikirimi sekitar 24 buah jam dari berbagai merek (tag heuer, omega, ebel dll) dalam kondisi yang semuanya Mint. Beliau ternyata sedang 'bersih-bersih' karena ingin koleksinya 'naik kelas'.

Dan berikut adalah beberapa hasil jepretan saya:


Saya sempat kaget melihat begitu banyak jam Panerai dari berbagai jenis disimpan dalam satu kantong (yang biasanya untuk peralatan make-up). Beliau memang tidak menyimpan jam-jamnya di koper karena "koper jam bapak tidak muat di lemari besi saya sih.." kata beliau. jadi menyimpannya selalu dalam kantong-kantong kain kecil. Setelah kantong-kantong kecil dibuka satu-persatu nampaklah pemandangan yang membuat saya mulas...7 buah Panerai dalam kondisi mint semua! Beliau bilang "masih ada 3 lagi panerai yang saya sering pakai dan saya simpan di rumah.." alamak!



Panerai diatas adalah tipe-tipe yang saya sukai (selain yang chronograph-Daylight): Radiomir GMT, Luminor GMT dan Radiomir 8 days! Radiomir GMT (paling kiri) adalah jam Panerai pertama yang beliau beli dan sejak itu beliau ingin beli dan beli lagi tipe-tipe Panerai yang berbeda. Semua Panerai yang dibeli selalu dalam keadaan mint dan lengkap dengan box and paper. Awalnya beliau tidak suka dengan jam dengan diameter diatas 42mm karena postur beliau memang tidak besar, tapi setelah mengenal Panerai beliau mulai suka dengan jam-jam besar seperti panerai, bahkan dengan PD-nya beliau memakai Panerai Radiomir 8 days dengan diameter 45mm!

Sebagian dari koleksi Bulgari, Bulgari dress watch. Setahu saya beliau punya beberapa Bulgari Chronograph, Bulgari carbongold dan bulgari tipe sport lainnya. Gambar jam dibawah adalah salah satu jam kesayangan beliau yaitu Jaeger le Coultre world timer Rose gold.


Sebagian dari koleksi Cartier: Cartier tank, dan Santos. Cartier yang paling kanan adalah tipe santos yang paling baru Santos 100.


Koleksi diatas dari ki-ka: IWC Flieger Chronograph, Chopard Mile Miglia dan the lovely Chronoswiss regulateur. Item terakhir ini sangat baik buatannya dan produk inilah yang menjadi icon dari brand Chronoswiss. Gambar dibawah adalah detil dari brand Chronoswiss. Caseback dari sapphire crystal.



Jam yang sempat saya foto terakhir adalah sebagian dari koleksi Rolex beliau. Beberapa koleksi Rolex yang lain disimpan di rumah. Beberapa rolex dalam foto ini bahkan tidak pernah dipakai sejak beli pertama kali, jadi semua seal-seal di jam masih menempel semua. jam-jam yang tidak pernah dipakai adalah GMT keramik, explorer 2 dial putih dan datejust kombinasi. Rolex kesayangan beliau adalah Submariner Kombinasi (belakang kanan). Sedangkan Rolex diamond di deretan depan adalah Rolex pertama kali yang beliau beli di Hong Kong..entah sudah berapa tahun yang lampau.


Memang dalam hal meng-koleksi jam, seseorang pasti mengalami perubahan orientasi. Bisa jadi perubahan orientasi pada merek yang ingin dikoleksi atau tema tertentu misal diver aja atau chronograph aja. Kebetulan saya mengikuti perkembangan orientasi koleksi beliau dan koleksi yang dikumpulkan sekarang jauh lebih baik dan bervariasi dari koleksi beliau sebelumnya. Pekerjaan yang membuatnya banyak bepergian ke luar negeri juga menambah wawasan beliau dalam menentukan jam sasaran selanjutnya, walau seringkali beliau lupa setelah membeli jam tertentu ternyata sudah punya!...


No comments: