Wednesday, May 13, 2009

SEIKO Bellmatic 27 Jewels


Sebagai seorang penggemar jam-jam antik mekanik, saya sangat mengagumi teknologi yang diusung sebuah jam mekanik yang memiliki fungsi alarm. Karena movement yang dirangkai didalamnya bisa digolongkan sebagai complicated watch dan harga jam-jam mekanik alarm buatan Swiss sungguh mahal bila dibandingkan dengan Seiko.
Sudah lama saya mencari Seiko Bellmatic dengan 27 jewels karena selama ini beberapa kali saya menemui dan memiliki Seiko Bellmatic dengan 17 jewels. Setelah mendapatkan sebuah Seiko Bellmatic 27 jewels saat GTG ke-2 di Bandung kemarin (gambar tengah), saya kembali mendapatkan versi 27 jewels dengan finishing casing yang berbeda, yaitu gold plated dengan kondisi dial yang masih sangat bagus.



Seiko yang saya dapat ini masih menggunakan rantai aslinya dengan model seperti rantai omega yang keseluruhanya berbalut gold plated. Seiko ini menggunakan automatic alarm movement cal 4006 yang diproduksi mulai 1967 - 1977 dan dibuat dalam 3 varian yaitu 17, 21 dan 27 jewels. Versi 27 jewels akhirnya diberhentikan produksinya pada tahun 1974 dan fokus hanya pada versi 17 jewels. Sedangkan versi 21 jewels hanya diproduksi 2 tahun saja yaitu tahun 1967-1968. Pada posting berikutnya saya akan jelaskan dimana perbedaan antara varian umum 17 jewels dan 27 jewels.
Penambahan jewels pada Bellmatic 27 jewels merupakan functional jewels yang membuat movement menjadi lebih baik dalam akurasi dan bunyi alarm yang relatif lebih lama dari versi yang lain (namun bukan berarti lebih keras suaranya).



Desain Bellmatic ini sangat klasik dan mengingatkan saya akan desain Seiko KS dan GS karena bentuk casing dan penggunaan jarum jam serupa dengan yang digunakan di Seiko KS dan GS. Kombinasi warna gold dan silver pada dial sangat pas dan terkesan klasik.



Para penggemar Bellmatic sepakat apabila Seiko Bellmatic dengan 27 jewels memiliki nilai yang lebih baik dari versi standar 17 jewels dan layak untuk dikoleksi. Apalagi kalau anda bisa mendapatkan versi 21 jewels yang diyakini hanya beredar sedikit dan karena itu menjadi sangat kolektibel.



1 comment: