Monday, May 4, 2009

SEIKO 5 Military SNZG015K Big Size!

Sudah beberapa hari ini saya harus banyak beristirahat di rumah karena typhus. Praktis yang bisa saya lakukan hanya update blog dan browsing internet. Minggu siang, aya melihat di sebuah forum jual beli ada seseorang yang menjual jam-jam Seiko baru yang menarik dan akhirnya saya putuskan untuk membeli salah satunya.

Senin siang, sebuah paket diantarkan oleh salah seorang staff kantor. Ternyata jam yang saya pesan sudah datang sekitar jam 10 di kantor! dengan segera saya buka pembungkusnya yang dikemas secara profesional. Pada lapisan dalam saya dapat melihat buku manual sekaligus berisi kartu garansi jam ini.


Hopla! inilah jam Seiko yang saya pesan. Jam ini merupakan tipe military style dari seri Seiko 5. Yang membuat saya tertarik dengan jam ini adalah selain desainnya yang maskulin dan kental unsur military, juga karena dimensinya yang besar. Jam ini berdiameter 41mm tanpa crown dan 44mm dengan crown. Serta ketebalan jam 12mm dengan lebar lugs 22mm. Ref number Seiko ini adalah SNZG015K yang dikeluarkan dalam berbagai macam warna dial seperti beige, hijau dan biru tua.


Kalau anda ingat saya pernah memiliki juga Seiko automatic military dari ref. SNX yang berukuran jauh lebih kecil (36mm). Saat itu saya membeli 2 buah dengan bracelet dan nylon strap. Namun saya pikir jam tersebut terlalu kecil di tangan saya, akhirnya kedua jam itu saya jual dan istri saya ganti jamnya dengan Tag Heuer F1 vintage.

Saya sudah jatuh hati dengan seiko 5 ini saat membaca review-nya di sebuah blog luar negeri. Desain dialnya terdiri dari 2 layer sehingga terlihat seperti bertingkat secara jelas. Indeks pada layer atas dilapisi lapisan radium yang bersinar terang dalam gelap seperti jam-jam seiko diver. Salah satu hal yang sedikit mengganggu saya adalah banyaknya tulisan pada dial selain tulisan Seiko 5. Semestinya sih Seiko tidak perlu menuliskan kata 'Sports,' '23 jewels' dan '100m' pada dial karena kesannya dial jadi sesak oleh tulisan.


Bagi orang yang senang dengan jamjam berdiameter besar dan maskulin, mungkin jam ini aka masuk dalam kriteria karena memang ini adalah salah satu seiko 5 terbesar yang pernah dibuat oleh Seiko. Mungkin Seiko melihat bahwa permintaan akan jam-jam besar semakin tinggi sehingga akhirnya desain ini muncul. Sebuah keputusan yang tepat!


Movement yang digunakan adalah cal.7S3623 jewels sebagai pengganti cal. sejuta umat 7S26. Seperti pada seiko 5 lainnya, seiko military ini juga menggunakan see through caseback agar kita bisa melihat pergerakan movement cal seiko yang baru ini.


Nylo strap adalah salah satu hal yang kurang saya sukai pada jam ini. Bukan karena nylon strap-nya tapi karena desain dan bentuknya yang sama lebar 22mm dari ujung-ke-ujung. Mungkin saja desain ini diterapkan untuk mengimbangi diameter jam yang besar sehingga saat dikenakan menjadi berimbang, dan mungkin karena saya yang belum terbiasa dengan desain nato strap seperti ini. Desain crown berbeda dengan tipe sebelumnya. Crown dibuat seperti 'tercabut separuh'. Hal ini dimaksudkan agar si pengguna dapat dengan mudah menarik dan memutar kenop untuk melakukan perubahan pada jam.


Saya yakin tipe seiko yang satu ini akan laris manis karena dia memenuhi kriteria sebagai jam yang bisa dipakai semua situasi, desain klasik dan diameter besar. Dan kalau ada kesempatan saya juga ingin melakukan modifikasi pada jam ini terutama pada dial dan jarum jam.....

6 comments:

Unknown said...

Berapa harganya pak ?...

Terimakasih;
Deddy Yulianto
(0293)580777

handi_ku said...

harganya berapa pak n beli nya dimana...???

handi_ku said...

harganya berapa n bisa dibeli dimana...?? info na manteb...

handi_ku said...

harganya berapa pak n beli nya dimana...???

Anonymous said...

salam...

pa' saya bgitu liat seiko yg model ini langsung naksir...
bagaimana caranya saya bisa order barang tersebut ya pa'?

thanks

Anonymous said...

kok jam yang di blog ini gak ada tulisan made in japan? bedanya apa bos sama yang ada tulisan made in japan?
apa bedanya tulisan aja? hehe

http://images.bidorbuy.co.za/user_images/645/649645_101222194032_SNZG09J1-2.jpg