Saturday, January 30, 2010

ROLEX Datejust Ref.1625 "Thunderbird" Ca.1960

Terakhir melihat sebuah Thunderbird dengan jarum daun adalah milik Agen M. Tipe miliknya lebih tua dan dari ref.6609. Sejak itu sayapun berkeinginan untuk sekali waktu memiliki tipe seperti itu. Suatu hari, saat saya mendapatkan Rolex Datejust Ref.6605 bersamaan juga seorang teman lain mendapatkan jam ini. Saya melihatnya langsung jatuh cinta karena kesan antik dan klasiknya terlihat sekali. Akhirnya, saya meminta kalau sekali waktu dia hendak menukar jam itu dengan jam lain, saya siap menampungnya. Dan ternyata tidak membutuhkan waktu lama!

Penampilan Thunderbird ini mirip sekali dengan Datejust 6605 yang saya dapatkan sebelumnya. Kemiripan itu ada pada warna dial, bentuk penulisan dan jarumnya, bahkan kondisi penuaan pada dial juga mirip.
T-Bird ini diproduksi pada tahun 1960, jadi berbeda 2 tahun dari seri 6605 yang saya dapat sebelumnya (1958). Outer bezel terbuat dari white gold yang dapat berputar. Sebuah jam T-bird kalau bezel ini rusak atau hilang akan sangat sulit sekali kembali utuh, karena untuk mendapatkan bezel utuh sangat sulit dan kalau adapun harganya juga mahal. Jarum model daun seperti memang sering dipakai untuk Rolex produksi tahun 50 sampai awal tahun 60-an. Lebih seksi!

T-Bird ini saya pasangkan dengan rantai Rolex jubille tipis yang sesuai dengan tahun pembuatannya. Jenis jubille tipis terasa lebih nyaman di tangan karena lebih lentur. Kondisi casing jam masih bagus dan belum banyak goresan.

Pinginnya sih saya mengumpulkan varian T-Bird ini dari berbagai macam variasi warna dial dan material, tapi karena keberadaannya yang cukup jarang mungkin jadi harus lebih sabar dan selalu pasang mata dan telinga.

No comments: