Saturday, January 30, 2010

2 ROLEX GMT Master Ref.1675

Rolex GMT merupakan jenis jam yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di dunia aviasi, terutama para pilot. Karena jam ini juga muncul sebagai realisasi permintaan sebuah jam yang dapat membantu para pilot untuk mengetahui 2 waktu yang berbeda dalam sebuah jam. Dan sampai sekarang tipe Rolex GMT menjadi salah satu icon dari brand Rolex. Salah satu item yang banyak dikoleksi oleh para pecinta Rolex adalah GMT ref. 1675 yang diproduksi mulai akhir tahun 60-an sampai akhir tahun 70-an.

GMT yang saya posting disini merupaka 2 buah GMT master dari ref yang sama yaitu 1675. Perbedaannya dari jenis bezel yang dipakai dan tahun pembuatan yang berbeda. 1675 yang pertama ini diproduksi pada tahun 1968 dengan warna bezel klasik pepsi bezel, dimana warna merahnya sudah mulai memudar. Kondisi jarum juga sudah mulai terlhat beubah warna karena memang jarum jam ini masih bawaan dan belum diganti. Kondisi dial masih cukup baik walau warna matte hitam sudah terlihat sedikit berubah warna karena proses alami.

Karena diproduksi sebelum tahun 70-an, maka jam ini juga masih menggunakan rantai oyster yang lebih tipis dari generasi selanjutnya. bentuk sama, anya saja jenis desain balok-balok rantainya bukan solid blok seperti tipe baru, tapi seperti lempengan baja yang dilipat.

Kondisi case-back dan movement masih bagus dan belum banak goresan dalam. Jalan juga masih akurat. Memang kalau sebuah jam Rolex dipelihara dengan baik, tingkat akurasinya akan tetap terjaga walau usia jam sudah lebih dari 40 tahun.


GMT 1675 yang kedua ini usianya lebih muda beberapa tahun yaitu tahun 1972. menggunakan bezel warna hitam yang saya beli terpisah dari jam. Bezel bawaan jam ini sebenarnya juga sama dengan GMT sebelumnya yaitu pepsi. Dan agar koleksinya terlihat berbeda penampilan, maka GMT yang lebih muda ini saya pasangkan dengan bezel warna hitam.

Kondisi keseluruhan GMT ini lebih baik dari yang pertama, mungkin juga karena usianya yang relatif lebi muda bebeapa tahun. Mika masih asli Rolex dan kondisi jarum juga tingkat oksidasinya tidak separah GMT yang pertama. Rantai jam menggunakan jenis rantai oyster model baru yang menggunakan pola solid block.

Setelah diperhatikan sengan seksama, ternyata setiap periode GMT master memiliki perbedaan. Kedua GMT ini diproduksi pada periode yang berbeda dan ada perbedaan kecil pada desain crown guard-nya. Untuk 1675 tahun 60-an, desain crown guard relatif lebih rata dari generasi tahun 70-an yang terlihat lebih membulat. Untuk lebih detail perbedaan setiap periode akan saya bahas dalam posting yang lain, dari mulai GMT generasi baru sampai generasi terakhir (ceramic).

3 comments:

Anonymous said...

bang arif .. saya abul . saya punya jam rolex yg taun 1972 itu .. tapi agak beda , yang ini lebih abstrak , terus mau saya jual , kira - kira berapa ya ??? kata bapa saya si ,gabisa 3jta ?? , kalo mau jual kemana ya . butuh duit nih .

Hariyono said...

Pak Abul, mohon info apakah jamnya masih ada, kalau masih mohon komunikasi lewat email di :

riyonor@gmail.com

Kalau bisa kirim juga gambarnya

Terimakasih

Beruang Madu said...

Pak arif saya punya rolex gmt master 1675 yg warna bezelnya merah biru...
saya mau jual, tp bingung mau jual kmana???
mohon solusinya pak!!!