Sunday, July 1, 2007

OMEGA Seamaster Date 1960s (SOLD)


Kita mengenal Omega Seamaster sebagai produk Omega yang mengarah kepada sporty image. Dan Omega juga mengeluarkan versi untuk dress watch dalam label De Ville. Namun pada awal tahun 1963, Omega mengeluarkan sebuah model yang merupakan "perkawinan" antara 2 jenis Omega yang berlainan tersebut dan diberi nama Seamaster-DeVille.

Desain dari Seamaster-DeVille ini menurut pendapat saya malah dressy banget dan terkesan unsur simplicity dengan penggunaan elemen penunjuk angka berpa balok tipis (dengan variasi pada angka 12) serta penggunaan desain dial hands yang sederhana (menyerupai pensil dengan ujung runcing). Jam dalam koleksi saya ini masuk dalam keluarga Seamaster Deville tapi bedanya ada pada dial face yang hanya menuliskan kata Seamaster saja. Kemungkinan jam ini diproduksi sebelum versi Seamaster-DeVille resmi diluncurkan yaitu sekitar tahun 1960.

Jam ini merupakan tipe pertama dari desain Omega yang menggunakan desain casing monocoque dengan water resistant serta center second. Karena desain casing yang monocoque, untuk melihat movement harus membuka kaca terlebih dahulu dan ini bagi banyak orang jadi merepotkan. Karena apabila kita membuka kaca dengan tidak hati-hati dapat menyebabkan kaca retak atau malah pecah sehingga banyak rekan saya kurang suka dengan desain Omega ini. Movement yang dipergunakan kemungkinan adalah automatic cal.562 dengan tanggal, karena saya sendiri tidak mau membuka kaca jam ini untuk hanya sekedar melihat cal movement-nya.

SOLD

No comments: